Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan HM Sukamta mengatakan, benih jagung hibrida varietas JH37 dari Maros akan diproduksi di Tanah Laut dan diberi label Katuju. 

"Pemilihan label Katuju ini bertujuan agar benih ini disukai oleh para petani dan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kalimantan,"ujar Bupati Tanah Laut HM Sukamta, saat menyampaikan sambutan pada acara Panen Raya Benih Jagung Hibrida Varietas JH37 Berbasis Korporasi Petani, di Desa Banua, Lawas Kecamatan Takisung, Selasa (13/10).

 Sukamta juga mengungkapkan,  keuntungan petani jika menggunakan benih sendiri, angka produksi dapat mencapai angka tujuh ton dan jika dimaksimalkan bisa mencapai 12 ton.

“Kita yakini unsur hara kita, mikroba wilayah kita akan cocok, sehingga proses pertumbuhannya  menjadi lebih baik dan itu akan menguntungkan,”ucap Sukamta.

Menurutnya, jika menggunakan benih tersebut dapat diuntungkan sekitar Rp 20 ribu sampai Rp25 ribu daripada menggunakan benih produksi luar dan dapat menghemat pengeluaran.

Bupati menambahkan,  akan memberi dukungan penuh kepada PT Tunas Widji Inti Nayottama (PT TWINN) yang nantinya akan memproduksi benih di Tanah Laut yang bahan baku produksinya dari masyarakat.

Lebih lanjut dia mengatakan,  hal itu dapat membuat petani menjadi mandiri dan meningkatkan keuntungan petani lebih besar karena harga lebih murah serta biaya dikeluarkan menjadi lebih sedikit.

Sukamta berharap,  dengan hadirnya varietas tersebut petani jadi lebih bersemangat dan  pemerintah juga akan memberikan solusi agar pendapatan petani meningkat.

 “Untuk permasalahan permodalan jangan bingung lagi, karena bank di Tanah Laut sudah dapat mengakses masalah permodalan,” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan penyerahan bantuan benih dan hibah alat perontok jagung yang diberikan kepada Kelompok Tani Usaha Bersama Desa Simpang Empat Sungai Baru,  Kecamatan Jorong, Kelompok Tani Garuda Makmur Desa Tirta Jaya, Kecamatan Bajuin, Kelompok Tani Suka Maju Kecamatan Bajuin dan Kelompok Tani Ingin Maju Desa Gunung Makmur,  Kecamatan Takisung.

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan Syamsiar Rahman, Kepala Balai Penelitian Tanaman Serelia Maros Muhammad Azrai, Plh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tanah Laut.

Selain itu, juga hadir Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Tanah Laut Ahmad Hairin, para Kepala Perbankan Tanah Laut, Camat Takisung Yudo Restanto, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Takisung, para kepala desa, para kelompok tani dan tamu undangan lainnya.
Bupati Tanah Laut HM Sukamta ikut Panen Raya Benih Jagung Hibrida Varietas JH37 Berbasis Korporasi Petani, di Desa Banua Lawas, Kecamatan Takisung, Selasa (13/10).Foto:Antaranews Kalsel/Humas Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020