Paringin, KalSel, (Antaranews Kalsel) - Bupati Balangan, Kalimantan Selatan, Sefek Effendie menutup bimbingan manasik haji di aula mahligai mayang maurai di Paringin, ibukota kabupaten Balangan, Rabu.


Dalam sambutannya Sefek mengatakan meski seluruh persiapan telah diikuti seluruh jemaah, namun dia berpesan semua jemaah terus berlatih di rumah hingga waktu keberangkatan tiba.

Selain itu, Sefek juga mengingatkan calon jemaah haji Balangan memperhatikan kesehatan, bukan sekadar sebelum berangkat melainkan juga saat di tanah suci, sehingga tidak mempengaruhi kehusyukan dalam menunaikan ibadah haji hingga kembali.

"Saya juga menghimbau para petugas kesehatan yang mendampingi para jemaah asal Balangan, agar menjalankan tugasnya dengan baik, sesuai mandat yang diberikan serta aktif memeriksa kesehatan jemaah," tegasnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Balangan, Raihan Reidha dalam laporannya menerangkan, seluruh rangkaian kegiatan manasik sudah diajarkan kepada jemaah, seperti pendalaman materi maupun pendalaman ibadah haji.

"Insya Allah 119 jemaah kita yang terdiri 53 pria dan 66 orang wanita sudah siap untuk diberangkatkan, dan dijadwalkan masuk ke asrama haji pada tanggal 23 September selanjutnya berangkat menuju Jeddah pada malam harinya," ungkapnya.

Calon jemaah haji asal Balangan akan tergabung dalam kloter enam bersama dengan calon jemaah haji asal Hulu Sungai Utara, Tabalong dan Kabupaten Banjar.

"Untuk menjaga kondisi fisik jemaah, calon jamaah haji kita berangkatkan sehari sebelumnya, Senin 22 September 2014," ujarnya.

Usai manasik haji maka calhaj Balangan tinggal menunggu waktu keberangkatan ke tanah suci, setelah semua persiapan termasuk bimbingan manasik haji sudah diikuti dari awal hingga akhir.

"Semua bimbingan manasik haji sudah kita berikan, termasuk persiapan lainnya, tinggal para calon jemaah haji agar menjaga fisik lahir dan bathin untuk melaksanakan ibadah haji, semoga menjadi haji yang mabrur,"  ujarnya.   

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014