Komunitas sepeda tua Indonesia (Kosti) Provinsi Kalimantan Selatan, di kantor bupati Barito Kuala (Batola) di Marabahan, Minggu, melantik atau mengukuhkan kepengurusan Kosti kabupaten setempat yang diketuai oleh Ali Akbar.

Pengukuhan yang dirangkaikan dengan parade ontel keliling Kota Marabahan tersebut, berlangsung sederhana dihadiri para pengurus Kosti Kalsel, dan bupati Batola yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan olahraga setempat.

Dalam acara pengukuhan yang ditandai pula dengan pertukaran cenderamata antara komunitas sepeda tua Banjarmasin dan Marabahan tersebut, dimulai kata sambutan ketua Kosti Batola yang menyebutkan bahwa komunitasnya ingin berkiprak kepada masyarakat.
Pengukuhan Kosti Batola, di Marabahan, Minggu (Antaranews Kalsel/Hasan Z)
Menurut Ali Akbar yang dihadiri kepengurusan yang lain mengakui pihaknya selain ingin menggiatkan olahraga melalui sepeda juga menghimpun kekuatan sosial untuk memerangi narkoba atau kegiatan suka minuman keras, serta melakukan aksi sosial dan penghijauan.

"Kita merangkul generasi muda untuk bergabung, agar mereka ikut ke dalam kegiatan positif, baru baru ini Kosti Batola membagi bagikan masker kepada pengguna jalan yang tidak memiliki masker," tuturnya.

Kepada Kosti Kalsel, Kosti Batola siap berkolaborasi bila ada kegiatan sosial dan sekaligus minta arahan dan bimbingan untuk memajukan oragnaisasi sosial tersebut.

Sementara Ketua Kosti Kalsel, Mohamad Ary merasa bangga terbentuknya Kosti Batola yang menandakan mulai bergairahnya lagi kegiatan bersepeda tua.

Menurut Mohamad Ary yang juga dikenal sebagai Ketua Forum Komunitas Hijau (FKH) banjarmasin tersebut, organisasi sepeda tua bukan saja ada di Indonesia tetapi hampir ada di seluruh negara di dunia.
Pengukuhan Kosti Batola, sekaligus penyerahan pohon penghijauan di Marabahan, Minggu (Antaranews Kalsel/Hasan Z)
Bahkan kegiatan parade sepeda tua selalu ada digelar di berbagai negara, Kosti Kalsel sudah pernah ikut di beberapa event Malaysia serta hingga Thailand, selain itu Kosti Kalsel selalu berkiprah pada event nasional seperti Bandung Lautan Ontel, Jogja Republik Ontel,ngontel bareng Sidoarjo dan event lainnya.

Kosti adalah organisasi cinta wisata dengan memelihara budaya, cinta pahlawan yang selalu ikut kegiatan kepahlawanan, serta cinta lingkungan dengan selalu menanam pohon, selalu bersilaturahmi dengan sembuyan "satu sepeda sejuta saudara." kata Mohamad Ary,

Saat itu Mohamad Ary juga menyerahkan beberapa pohon asam jawa sebagai bentuk dukungan untuk penghijauan di Kota Marabahan.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020