Tim Penggerak (TP)  Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bekerjasama Dinas Kesehatan HSS melaksanakan Pertemuan Penguatan Pemahaman P4K (Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi), di Aula Kecamatan Sungai Raya.

Ketua Pokja IV TP PKK HSS  Norhadini Ulfah, di Sungai Raya, Senin (5/10), mengatakan selain penguatan pemahaman P4K, juga Komitmen Bersama PKK Untuk Menurunkan AKI (Angka Kematian Ibu) dan AKN (Angka Kematian Neonatal).

Baca juga: Dukung gebrak masker, PKK Kalsel serahkan bantuan 25 ribu masker untuk PKK HSS

"Sosialisasi P4K, P4K adalah program pokok Pokja IV PKK HSS, menambah ilmu pengetahuan dan adanya kerjasama antara Ketua TP. PKK Desa dengan kader dan petugas kesehatan yaitu bidan desa, harapannya untuk menurunkan AKI dan angka kematian bayi di HSS," katanya.

Dijelaskan dia, pertemuan ini akan digelar secara bergilir di 11 Kecamatan se Kabupaten HSS, dan pada Senin (05/10) dilaksanakan di aula Kecamatan Sungai Raya dengan peserta berjumlah 42 orang, rincian PKK 18 orang, kader 18 orang, Bikor/ Bipus dua orang, dan bidan desa empat orang.

Baca juga: Tim monitoring evaluasi rumah ibadah apresiasi penerapan protokol kesehatan HSS

Dalam pertemuan ini, peran PKK dalam mendukung P4K dijelaskan Ketua Pokja IV TP PKK Kab. HSS Norhadini Ulfah, dan Ketua TP PKK Kecamatan Sungai Raya Yanti Adianto.

PKK ikut serta dalam mensosialisasikan P4K karena PKK adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang pengelolaannya dari, oleh, untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang sejahtera, dan dalam 10 program PKK, salah satunya adalah program ketujuh, yakni program kesehatan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020