Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu memimpin giat gabungan bersama personel TNI/Polri dalam rangka penegakan protokol kesehatan mencegah penularan COVID-19 di Tempat Hiburan Malam (THM) dan para pengunjung dilakukan Swab Test serta tes urine.

Giat dilakukan Pjs wali kota bersama Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso, Ahad malam menurunkan puluhan personel kepolisian dibantu aparat TNI yang didukung anggota Satpol PP setempat.

"Giat penegakan protokol kesehatan yang kami lakukan bersama TNI dan Polri sebagai bentuk keseriusan dalam mencegah penyebaran dan penularan COVID-19. Soal sanksi untuk memberi efek jera," ujar Pjs wali kota. 

Diketahui, sasaran razia bukan hanya tempat masyarakat berkumpul tetapi juga sejumlah tempat hiburan malam di kawasan Jalan Trikora Banjarbaru hingga giat yang dimulai malam hari berakhir sampai dinihari. 

Kedatangan petugas area kerumunan maupun tempat hiburan malam bukan hanya memberikan imbauan tetapi juga melakukan swab test terhadap pengunjung tempat hiburan dilakukan petugas medis RSD Idaman. 
Pengunjung di salah satu tempat hiburan malam menjalani Swab Test guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19. (ANTARA/Ist)
"Swab test yang dilakukan terhadap pengunjung tempat hiburan bertujuan mendeteksi dini penularan COVID-19 sehingga bisa mencegah penyebaran virus agar tidak menimbulkan cluster baru," ungkapnya. 

Ditekankan, penegakan protokol kesehatan baik melalui imbauan dan edukasi maupun pemberian sanksi dilakukan untuk menjamin kesehatan masyarakat disamping melandaikan penyebaran COVID-19 di Banjarbaru.

Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso mengatakan, pihaknya juga melakukan tes urine terhadap para pengunjung tempat hiburan untuk mengantisipasi peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang.

"Selain di swab test, pengunjung juga di tes urine dan hasilnya masih dalam pemeriksaan petugas. Kami sangat mendukung swab test karena sebagai bentuk keseriusan kita semua dalam menangani COVID-19," ujarnya. 

Ditambahkan, selain melakukan tes urine pengunjung tempat hiburan malam, petugas juga menemukan beberapa botol minuman keras yang diperjualbelikan dan penanganannya masih didalami penyidik.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020