Pemerintah Kota Banjarmasin dalam hal ini Dinas Perhubungan (Dishub) sedang membuat jalur khusus untuk pesepeda di dua ruas jalan yakni Jalan A Yani dan Jalan Hasan Basri, kedua jalan ini dianggap sering dilintasi para masyarakat pengguna sepeda.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik mengatakan saat ini pihaknya di kawasan Jalan Ahmad Yani dan Hasan Basri dibuat jalur khusus sepeda yang dilengkapi dengan tempat parkir agar memudahkan para pesepeda yang ingin beristirahat.
"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Grab untuk di buatkan parkir sepeda," ujarnya, dilaporkan Jumat .

Lanjutnya, parkir sepeda tersebut semata-mata dibuat untuk menunjang jalur sepeda yang dilintasi para pesepeda di Kota Banjarmasin, Ichwan memaparkan tahun ini lebih tepatnya bulan Desember mendatang ditarget rampung pembuatan jalur pesepeda dan parkirnya itu.
Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik (Antaranews Kalsel/Diskominfotik/hasan z)
"Sebentar lagi di eksekusi, saat ini sudah dilakukan DED dan Desember sudah rampung," bebernya.

Menurut Ichwan, satu diantara dua koridor A Yani dan Hasan Basri itu nantinya akan dilengkapi dengan stick cone, fungsinya sebagai pembatas antara lajur sepeda dengan lajur lainnya, Ia menerka stick cone itu merupakan pertama kalinya dipasang di jalur sepeda yang ada di Indonesia.

"Barangkali pertama kali di indonesia, stick cone ini elastis, bila tertabrak tidak apa-apa, dia rebah nanti berdiri sendiri lagi, jadi utuh kesemula lagi, pembatas aman, mobil yang nabrak juga aman nanti," pungkasnya.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020