Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, berupaya mendukung pengembangan usaha mikro kecil dan menengah melalui pinjaman modal tanpa bunga.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina di Banjarmasin, Senin, mengatakan program pinjaman tanpa bunga tersebut sebagai upaya mendorong tumbuhnya usaha kecil dan menengah di kota ini.

Ibnu mengungkapkan Pemko Banjarmasin bertekad untuk menuntaskan program pembentukan wira usaha baru (WUB) yang kini telah mencapai 2.847 WUB.

WUB tersebut berhasil diciptakan melalui campur tangan tujuh SKPD lingkup Pemko Banjarmasin, yang secara bergotong royong mendukung dan mengawal upaya pengembangan usaha tersebut.

Menurut Ibnu Sina, sejak awal 2020, Pemko Banjarmasin telah meluncurkan sebuah program inovasi baru yang diyakini dapat membantu usaha para WUB, yakni Program Bahuma (Bausaha Tanpa Bunga).

Dengan adanya program tersebut, Pemko Banjarmasin kembali akan membantu WUB dari segi permodalan usaha dan tidak mengambil sepeser pun keuntungan dari program permodalan yang ditawarkan itu.

Dari ribuan WUB yang telah terbentuk tersebut, Pemko Banjarmasin menetapkan sekira 150 WUB unggulan yang bakal dibantu melalui Pogram Bahuma.

Bahkan, untuk lebih memudahkan penyaluran dana, Pemko Banjarmasin bekerja dengan Bank Kalsel dalam hal pengelolaan dana program tersebut.

Pemko Banjarmasin meminta Bank Kalsel untuk menempatkan dana pengelolaan, sehingga nanti yang sudah punya usaha bisa berproduksi dengan baik.

Program pembinaan WUB berbasis UMKM ini, telah dilakukan Pemko Banjarmasin sejak 2016 lalu, dimana diawal tahun tersebut semula hanya terkumpul sekitar 239 WUB. Setelah dilakukan pembenahan, pada 2017 jumlah target WUB binaan ditambah menjadi 792 per tahun.

Mengingat masih memungkinkan untuk dilakukan penambahan target, maka pada 2018 Pemko Banjarmasin kembali memperbesar target WUB yang bisa dibina menjadi 805 WUB.

Setelah dua kali berhasil mencapai target yang diinginkan, penambahan target binaan yang harus dilakukan 7 SKPD kembali diperbesar menjadi 710 WUB pada 2019. Mengingat sudah mendekati target final yakni 2.500 WUB,  pada 2020 ini Pemko Banjarmasin hanya menargetkan sebanyak 710 WUB.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020