Tim pemenangan pasangan bakal calon atau Balon Bupati dan Wakil Bupati Banjar, Kalimantan Selatan H Rusli dan KH M Fadhlan Asy'ari yang keduanya dengan singkatan "RF" memenangkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) kabupaten tersebut Tahun 2020.

Anggota Dewan Penasihat Tim Pemenangan RF tersebut, Fahrani SPdI, MSi mengatakan optimistis itu di kediamannya Handil Asang Permai (sekitar 11 kilometer dari Banjarmasin) Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Senin.

Fahrani yang juga anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengemukakan beberapa alasan terkait optimistisnya tersebut antara lain secara politis pengusung RF sebanyak enam partai politik (Parpol).

Begitu pula, pada saat Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 H Rusli yang terpilih menjadi anggota DPRD Kalsel dari Partai Golkar mendapatkan lebih 51.000 suara atau terbanyak, baik sekabupaten Banjar maupun seprovinsi itu.

"Selain itu, sebelum menjadi anggota DPRD Kalsel periode 2019 - 2024, Pak Haji Rusli dua periode sebagai Ketua DPRD Banjar," tutur Fahrani yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP kabupaten tersebut.

Faktor pendukung lain kemungkinan pasangan RF memenangkan Pilkada Banjur 2020, menurut dia, Tuan Guru Haji Fadhlan juga pemberi pelajaran pada Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Martapura yang bukan saja terkenal sekabupaten tersebut, tetapi seantero Kalsel.

Bahkan Darussalam yang merupakan Ponpes tertua di "Ranah Banjar" atau Kalsel yang terdiri atas 13 kabupaten/kota dengan jumlah penduduk kini lebih empat juta jiwa dan mayoritas Muslim itu, juga terkenal ke provinsi lain.

"Masih banyak lagi faktor pendukung yang memungkinkan pasangan RF memenangkan Pilkada di 'Bumi Barakat' Banjar 2020," ujar laki-laki kelahiran Tahun 1987 berbintang Capricornus tersebut.

Pada Pilkada Kabupaten Banjar 2020 ada tiga pasang bakal calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup), dua di antaranya atas usungan Parpol dan satu melalui jalur independen (perseorangan).

Pengusung pasangan RF sebanyak enam Parpol terdiri dari Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Gerindra, PDIP, PAN dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Kemudian pengusung pasangan Saidi Mansyur (petahana Wabup) dan Habib Husin Alydrus tersebut Partai Nasdem, Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Paslon yang melalui jalur perseorangan Andin Sofyannor berpasangan dengan KH Syarif Busthomi.

"Sedangkan suara yang akan diperebutkan ketiga Paslon Bupati dan Wabup Banjar tersebut sekitar 300.000 orang pemilih berdasarkan catatan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kabupaten setempat," demikian Fahrani.
Fahrani, salah seorang Tim Penasihat Pemenangan Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar, Kalimantan Selatan pada Pilkada 2020 yaitu H Rusli dari KH M Fadhlan Asy'ari. (Istimewa)

Pendapat atau optimistis serupa dari Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Pasangan RF tersebut, Rahmat Saleh seraya menambahkan, jargon "jagoannya" yaitu "Manuntung" yang pengertiannya bekerja dan mengabdi untuk daerah serta masyarakat setempat sampai akhir.

"Kata Manuntung berasal dari bahasa daerah Banjar yang oleh tim uraikan menjadi kata-kata Mandiri,.Santun dan Gotong Royong," lanjut Rahmat anggota DPRD Kabupaten tersebut dari Partai Golkar melalui rekaman WA.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020