Dies natalis ke-62 tahun Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menjadi istimewa bagi Fakultas Kedokteran Gigi lantaran ditandai peletakan batu pertama pembangunan gedung baru fakultas pencetak tenaga ahli dokter gigi tersebut.

"Pembangunan gedung baru Fakultas Kedokteran Gigi bantuan hibah dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Gubernur Paman Birin yang melakukan peletakan batu pertamanya," terang Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi di Banjarmasin, Minggu.

Atas kepedulian sang gubernur yang terus memberikan dukungan kemajuan ULM selama ini, Sutarto pun menyampaikan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor bersama forum koordinasi pimpinan daerah yang senantiasa kompak mensupport kampus kebanggaan masyarakat Banua Kalimantan Selatan itu.

Sutarto juga mengungkapkan rasa bahagianya setelah tahun ini ULM berhasil masuk klaster 2 perguruan tinggi terbaik di Indonesia di tahun 2020 yaitu berada di peringkat 47 dari 2.136 perguruan tinggi yang aktif di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Di klaster 2 ini ada 34 perguruan tinggi yang masuk. Sebelumnya ULM hanya berada di luar 50 besar dalam klasterisasi. Sehingga hanya menduduki klaster 3 pada tahun lalu.

"ULM satu-satunya perguruan tinggi di Kalimantan masuk klaster 2. Ini capaian sangat membanggakan selain prestasi Akreditasi A yang telah diraih," tuturnya.

Untuk itulah, penghargaan tinggi juga disampaikan Sutarto kepada seluruh jajaran di universitas yang dipimpinnya untuk dua periode. 

Menurut dia, kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas semua pihak telah membuat ULM menjadi perguruan tinggi terkemuka dan berdaya saing yang membanggakan bagi masyarakat Banua Kalimantan Selatan.

Seremonial peringatan dies natalis ULM pada Senin (21/9), di pusatkan di General Building ULM di kampus Banjarmasin. Mengingat pandemi COVID-19, acara hanya dihadiri undangan terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Ada sejumlah penghargaan yang diserahkan rektor termasuk penanaman bibit pohon rambai sebagai wujud ULM peduli pelestarian lingkungan.  

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020