Peresmian wisata kuliner baru di Kabupaten Kotabaru yakni Siwalk frood court di Siring Laut oleh Bupati H Sayed Jafar, sekaligus meresmikan penggunaan sistem pembayaran online Tapping box yang merupakan hasil kerjasama dengan Bank Kalsel.

Aplikasi Tapping box yakni alat rekam transaksi berbasis online terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pembayaran pajak retribusi perhotelan, restoran, dan hiburan.

Sistem pembayaran yang mengadopsi pembayaran modern dengan pola satu kasir bagi seluruh venu, seperti yang diterapkan setiap pusat berbelanjaan modern (mall), diharapkan menjadi media yang transparan dan akuntabel bagi pengelolaan keuangan khususnya pemasukan ke kas daerah.

Perwakilan Bank Kalsel mengungkapkan alat rekam transaksi berbasis online atau yang disebut dengan tapping box merupakan wujud nyata dari Bank Kalsel dalam upaya mendongkrak PAD (pendapatan asli daerah) terhadap pelaku usaha wajib pajak.

Sementara Kepala Dinas PUPR, Maulidiansyah menyampaikan pembangunan Siwalk menelan dana Rp1 miliar lebih bersumber dari APBD, itu terdapat 21 ruangan terdiri dari 17 buah kios, 1 ruangan wastafel atau tempat cuci tangan, 1 ruangan laktasi dan 1 ruangan kasir, dengan dilengkapi sarana tempat duduk.

Pada bagian lain, Bupati Sayed Jafar saat peresmian Siwalk food court, mengungkapkan keseriusannya untuk mengangkat pariwisata Kotabaru, salah satunya pengembangan kawasan Siring Laut.

"Setelah Siwalk food court, secara bertahap akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung diantaranya akan dibangun mushala dengan desain unik yakni seperti kapal pesiar," pungkasnya. 

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020