Pondok Pesantren Dalam Pagar Kandangan Pimpinan Tuan Guru KH. Ahmad Syairazi dilaksanakan istighosah dengan doa bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Bupati HSS, H Achmad Fikry, di Kandangan, mengatakan istighosah ini juga merupakan bentuk usaha dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS bersama ulama untuk meminta pertolongan dari Allah SWT agar diberikan kesehatan dan kekuatan menghadapi pandemi COVID-19.

"Mudah-mudahan pandemi COVID-19 di seluruh dunia cepat berakhir, dan selain do'a juga beberapa waktu yang lalu Pemkab HSS juga telah melaksanakan tes swab massif bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel)," katanya, dalam sambutan beberapa waktu lalu.

Dijelaskan dia, tes swab massif ini bertujuan untuk melakukan tracing dan tracking orang yang terkonfirmasi positif COVID-19, sehingga bisa dilakukan pengobatan dan pengendalian penyebaran virus tersebut.
 
Sambutan Bupati HSS H Achmad Fikry (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Penandatangan prasasti tandai peresmian Masjid Al Aqabah Kayu Abang

Ia mengucapkan terimakasih kepada Tuan Guru KH. Ahmad Syairazi, atas kesempatan yang diberikan kepada Forkopimda HSS dan pejabat lingkup Pemkab HSS dan berkenan menerima rombongan dan menjadi imam dalam kegiatan ini.

Biasanya setiap tahun rutin di Tahun Baru Islam dilaksanakan HSS Bershalawat, namun karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan akhirnya acara tersebut tidak bisa dilaksanakan.

Pimpinan Ponpes Dalam Pagar Kandangan, Tuan Guru KH. Ahmad Syairazi, mengatakan dengan berkat kasih sayang bersama dan berkumpul dalam kebaikan, maka semuanya mendapat rahmat.

"Mari kita saling mengingatkan untuk melaksanakan shalat fardu, saling mengingatkan akan berbuat baik, saling mengingatkan dan mencegah apabila ada perbuatakan yang kurang baik, dan kemudian saling tolong menolong dalam kebaikan, bukan saling mengumpat dan mencela sesama," katanya.
 
Istighosah bersama Forkopimda HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS /Antarakalsel)


Baca juga: Gema takbir terbatas Pemkab HSS, perayaan idul adha di tengah pandemi

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1442 H serta menyikapi masih merebaknya pandemi COVID-19 yang belum berakhir.

Acara ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yaitu mencuci tangan dengan sabun, cek suhu tubuh, menggunakan masker, dan menjaga jarak.

Istighosah ini diawali dengan sholat tobat, kemudian sholat hajat, amalan istighatsah, kemudian surah yasin, doa bersama dan sholat isha berjamaah, dan bersama-sama para alim-ulama berdo'a kepada Allah SWT agar pandemi ini diangkat dari bumi, dan dilindungi dari segala bencana.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Forkopimda HSS, Sekretaris Daerah HSS H. Muhammad Noor, para asisten, staf Ahli, para pejabat di lingkup Pemkab HSS, serta para Kepala SKPD, dan juga dewan guru Ponpes Dalam Pagar Kandangan.
 
Istighosah bersama Forkopimda HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020