Kapolres Hulu Sungai Selatan (HSS) AKBP Siswoyo, menyampaikan agar hak konstitusional pemilih bisa berjalan tertib dalam pelaksanan Pilkada, aman dan lancar, kepada para petugas TNI Polri dilapangan, diingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ia mengatakan, selain itu juga menjaga sinergistias TNI dan Polri dengan bersikap netral dan persiapkan kondisi fisik, sehingga pada saatnya nanti tidak ada personilnya yang mengalami gangguan kesehatan ataupun sakit untuk para penyelenggaran Pilkada.

"Kami mengajak mengajak semua pihak untuk bersama-sama berkomitmen mematuhi protokol kesehatan COVID-19, dalam setiap tahapan dalam pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Tahun 2020," katanya, dalam deklarasi komitmen bersama, Kamis (10/9) lalu.

Baca juga: Hadapi Pilgub, Polres HSS laksanakan latihan pra operasi

Dijelaskan dia, proses pelaksanaan Pilkada ini sudah mulai memasuki tahapan verifikasi Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur, sehingga penting bagi semua pihak, khususnya kepada para penyelenggara pemilu di masa pandemi menerapkan prinsip kesehatan dan keselamatan.

Mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker atau face shield, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer dalam berbagai aktivitas terlebih saat melaksanakan berbagai proses tahapan Pilgub.

Pemkab HSS bersama TNI Polri dan segenap penyelenggara pemilu seperti KPU, Bawaslu, PPK kecamatan dan panwaslu ecamatan, partai politik serta tokoh agama maupun masyarakat se kab HSS berkomitmen dalam deklarasi menerapkan Protokol Kesehatan.

Baca juga: Polres HSS tingkatkan pendisiplinan masyarakat patuhi protokol kesehatan

Dalam upaya mencegah dan mengendalikan penularan COVID-19, pada setiap tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Serentak Lanjutan Tahun 2020 di wilayah Kabupaten HSS, bertempat di lapangan Basket lambung Mangkurat Kandangan.

Turut hadir, Bupati HSS H Achmad Fikry, Ketua DPRD H Akhmad Fahmi SE beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah lainnya, komitmen tersebut dibacakan secara langsung Ketua KPU HSS Nida Guslaili Rahmadina dan diikuti seluruh peserta yang hadir.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020