Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, Saripani mengatakan hasil tes usap kedua bakal calon bupati dan calon wakil bupati Balangan negatif COVID-19.

"Ansharuddin–M Nor Iswan (ANIS) dan H Abdul Hadi dan H Supiani (HAS), telah melakukan cek kesehatan di RSUD Ulin Banjarmasin pada 7-8 September dan hasil swab test untuk kedua bakal calon itu negatif COVID-19," kata Saripani di Paringin Jumat.

Menurut dia, dengan hasil tersebut, maka kedua pasang bakal calon tersebut bisa mengikuti tahapan selanjutnya, untuk menuntaskan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi.

Kondisi tersebut berbeda, jika hasil swab positif, maka proses pemeriksaan kepada bakal calon tidak bisa dilanjutkan atau ditunda, karena pasangan calon yang bersangkutan wajib melakukan karantina.

"23 September mendatang masuk pada proses tahapan penetapan pasangan cabup dan cawabup Balangan, dan pada 26 September dimulainya masa kampanye," kata Saripani.

Sebelumnya dua orang bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Balangan yang akan bertarung pada Pilkada 9 Desember juga mengikuti deklarasi bersama KPU Kabupaten Balangan untuk berkomitmen menerapkan protokol kesehatan, pencegahan, dan pengendalian COVID-19 selama proses pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati 2020.

Ketua Bawaslu Kabupaten Balangan, Rosmelyanoor berharap kedua pasangan yaitu ANIS dan HAS bersama seluruh simpatisannya, selalu melaksanakan protokol kesehatan COVID-19 hingga tahapan terakhir pilkada 2020 di Kabupaten Balangan.

"Semoga kegiatan deklarasi yang telah dilakukan ini bukan sekadar serimonial, tetapi diterapkan selama proses pelaksanaan Pilkada 2020 ini," kata ibu Ros sapaan akrab Ketua Bawaslu Kabupaten Balangan.

Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid mengatakan, deklarasi itu merupakan salah satu cara menyampaikan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat apalagi di masa adaptasi kebiasaan baru saat pelaksanaan pesta demokrasi masyarakat Balangan.

Dia berharap, deklarasi tersebut menjadi salah satu sarana untuk menciptakan suasana yang sejuk, aman dan damai.

Deklarasi ditutup dengan pembagian masker oleh KPU, Bawaslu dan Kedua bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Balangan, kepada masyarakat dan pengguna jalan. Rilis Humas.
 

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020