Banjarmasin,   (Antaranews Kalsel) - Satuan Polisi Air Polresta Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mengintensifkan patroli di daerah perairan atau sungai hingga ke daerah-daerah pinggiran.


"Patroli di perairan atau sungai hingga daerah pinggiran, untuk meredam aksi kejahatan di pemukiman penduduk yang berada di pinggiran tersebut," ujar Kepala Satpol Air Polresta Banjarmasin AKP Untung Widoro, Jumat.

"Kita lagi intensif melakukan patroli di daerah perairan atau aliran sungai pinggiran, sebagai langkah menjaga keamanan wilayah penduduk yang berada di pinggiran tersebut," katanya.

Menurut dia, wilayah pemukiman penduduk yang berada di pinggiran sungai cukup rawan terhadap aksi kejahatan yang pelakunya menempuh jalur sungai, terutama pemukiman di pinggiran kota yang berdekatan dengan sungai.

"Aksi kejahatan baik itu rampok atau maling (pencuri) yang menggunakan perahu menyatroni rumah penduduk pernah terjadi, dan ini jangan sampai terjadi lagi," ucapnya.

Sebab dia mendengar informasi, kejahatan maling yang menyatroni rumah penduduk di pinggiran sungai itu pernah terjadi di wilayah Sungai Andai atau di pemukiman penduduk Komplek Mandiri dekat sungai, Kecamatan Banjarmasin Utara.

"Kita akan intensifkan petugas patroli ke sana, karena sungai di daerah itu cukup rawan, dan menurut sinyalemen ada perampok yang menggunakan perahu," ucapnya.

Ia mengaharapkan, agar masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai terus waspada, sebab kejahatan bisa terjadi tak kenal waktu dan lewat mana saja.

"Kalau ada gerak-gerik orang yang mencurigakan, lapor secepatnya ke polisi," pesannya.

"Apalagi sungai di Banjarmasin cukup banyak dan daerah perairannya juga menyatu dengan daerah tetangga, seperti Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Banjar, yang keduanya berada di wilayah Kalsel," demikian Untung.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014