Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, terus berupaya meningkatakan perkonomian di daerah yang berjuluk "Bumi Bersujud" dengan meningkatkan kualitas produk olahan pangan dari bahan dasar ikan.

"Peningkatan ini, pemerintah daerah memberikan pelatihan kepada 32 warga Desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat mengenai tata cara mengolah hasil perikanan menjadi makanan," kata Plt Kepala Dinas Perikanan Tanah Bumbu Yulian Herawati, di Batulicin Kamis.

Dikatakan, pelatihan tersebut merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dengan Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan, Balai Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Pada kesempatan itu para peserta dilatih cara mengolah produk pangan berbahan dasar ikan patin. Para peserta membuat 11 produk olahan pangan dengan memanfaatkan daging ikan, kulit, hingga tulang ikan.

Diantara produk olahan tersebut yaitu brownies coklat ikan patin, kerupuk kulit ikan patin, stik tulang ikan patin, tahu baso ikan patin, dan lainnya.

Yulian berharap, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian warga, dan menciptakan lapangan kerja baru.

Kegiatan pelatihan tersebut akan terus berlanjut agar para peserta dapat menjadi wirausaha yang unggul dan mampu bersaing dengan pengusaha di luar daerah.

Pelatihan tersebut bukan hanya sekedar cara mengolah pangan namun peserta juga diberi pelatihan bagaimana cara mengemas hasil olahan tersebut agar lebih menarik bagi calon pembeli dan siap dipasarkan.

Menurutnya, pengemasan atau packing produk sudah waktunya diterapkan oleh para pelaku UKM yang bergerak dibidang pengolahan pangan agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

"Melalui sektor industri kita bina produk-produk pangan olahan agar semakin beragam sekaligus cara pengemasannya." pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020