Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Sosial setempat kembali menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) Program Rumah Sejahtera (PRS) untuk Kecamatan Simpur dan Kalumpang.

Kepala Dinas Sosial HSS, Nordiansyah, di Simpur, Rabu (26/8), mengatakan di Kecamatan Simpur ada 34 Keluarga Penerima Manfaat program, sementara untuk Kalumpang ada 34 KPM.

"KPM akan mendapatkan dana sebesar Rp13.908.000,- yang diperuntukkan untuk biaya bahan rumah, pembuatan wc, upah tukang, dan biaya gotong royong, untuk dana sendiri akan disalurkan secara non tunai melalui rekening KPM," katanya, dalam keterangan.

Baca juga: 34 KPM di Kandangan dan Sungai Raya terima bantuan rumah sejahtera

Bupati HSS  H Achmad Fikry, mengatakan bantuan dari Program Rumah Sejahtera dengan dana APBD. Dari 2014 berjalan sampai 2020, sudah lebih dari enm ribu rumah yang diperbaiki.

Dijelaskan dia, ingin masyarakat HSS secara bertahap rumah mereka menjadi layak huni. Jumlah yang diperbaiki, tergantung jumlah yang tersedia dari APBD maka semakin banyak yang dapat, semakin cepat menyelesaikan rumah warga yang layak huni.

Di Kecamatan Simpur akhirnya dapat 284 KPM, di mana dari APBD berjumlah 34, dan dari APBN sebanyak 250. Bantuan dari Kementerian terkait di Kabupaten HSS hanya tiga kecamatan yang dapat dana DAK, yaitu dari Kecamatan Daha Selatan, Kecamatan Kandangan, dan Kecamatan Simpur.

Baca juga: Tahun 2020, 207 keluarga di HSS terima bantuan program rumah sejahtera

"Kami berpesan kepada penerima bantuan PRS agar segera fokus untuk keperluan perbaikan rumah, dan jangan digunakan uangnya untuk keperluan lain selain rumah," katanya, di Aula Kecamatan Simpur.

Selain itu, ia juga mengingatkan para penerima bantuan di masa pandemI COVID-19 untuk selalu menggunakan masker ke mana-mana, walaupun dekat dari rumah karena itu termasuk ikhtiar dalam mencegah penularan.

Turut hadir, Asisten Administrasi Pembangunan dan Kemasyarakatan Setda Sasmi Rifani, Camat Simpur Abdul Karim, penyerahan dilakukan secara simbolis kepada dua orang perwakilan KPM.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020