Kepala Dinas Sosial Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Nordiansyah, menyampaikan untuk tahun 2020 ada sebanyak 209 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 11 Kecamatan, yang layak untuk mendapatkan bantuan Program Rumah Sejahtera(PRS).

"Untuk Kecamatan Kandangan tujuh KPM dan Sungai Raya 27, karena ada yang meninggal satu orang jadi sisa dua puluh enam keluarga penerima manfaat, maka total penerima bantuan dua kecamatan ini sebanyak 34 keluarga penerima manfaat," katanya, Rabu (19/8)

Dijelaskan dia, setiap KPM mendapatkan dana bantuan sosial PRS sebesar Rp13.900.000,-, yang peruntukannya digunakan membiayai bahan material rumah, pembuatan WC, upah tukang dan biaya gotong royong.

Baca juga: Tahun 2020, 207 keluarga di HSS terima bantuan program rumah sejahtera

Dana disalurkan secara non tunai melalui rekening KPM bersangkutan, sedang untuk pengerjaan dilakukan secara gotong royong oleh warga masyarakat sekitar KPM, namun untuk penyelesaian akhirnya dikerjakan tukang terampil dengan target penyelesaian selama satu bulan kedepan.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan penyaluran bantuan program rumah sejahtera ini memang program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS dari 2014, yang terus dilakukan dan berlanjut.

“Ini akan diserahkan secara maraton di 11 Kecamatan. Dana ditransfer melalui rekening penerima, diharapkan segera dilaksanakan, dan setelah diperbaiki rumah penerima bantuan lebih baik dari sebelumnya," katanya, dalam penyerahan PRS dua kecamatan, di Kantor Kecamatan Kandangan.

Baca juga: Wabup HSS kunjungi dan bantu veteran pejuang

Menurut dia, PRS tahun 2020 ini termasuk dalam Top 45 terbaik Inovasi di Indonesia, artinya ini bisa ditiru oleh siapapun, dan ini diakui oleh pakar bahwa program ini baik dan layak untuk ditiru oleh daerah-daerah lain yang ingin memperbaiki rumah rakyatnya.

Bupati Kab.HSS didampingi Wakil Bupati Kab.HSS dan Kepala Dinas Sosial Kab.HSS menyerahkan secara simbolis kepada dua orang penerima bantuan sosial program rumah sejahtera, turut dihadiri Camat Kandangan Ronaldy P Putra, Camat Sungai Raya Susilo Adianto.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020