Bupati Kotabaru H Sayed Jafar meresmikan dibukanya destinasi wisata baru di Bumi Saijaan, yakni Goa Lowo di Desa Tegal Rejo Kecamatan Kelumpang Hilir, Ahad.

"Pemerintah daerah berkomitmen untuk mendukung segala potensi khususnya sektor pariwisata di desa-desa, termasuk Goa Lowo di Desa Tegal Rejo ini agar terus dikembangkan," kata H Sayed Jafar usai menandatangani prasasti menandai diresmikannya obyek wisata Goa Lowo.

Dengan dikelolanya obyek pariwisata ini, lanjutnya, diharapkan akan berdampak positif terhadap pendapatan daerah, khususnya geliat perekonomian masyarakat sekitar.

Seperti diketahui, pariwisata merupakan salah satu dari tiga sektor yang menjadi program unggulan pemerintahan kabupaten Kotabaru dibawah kepemimpinan Sayed Jafar, bahkan dituangkan dalam visi dan misi sang kepala daerah.

Orang nomor satu di Bumi Saijaan ini mengungkapkan, saat ini Pemkab Kotabaru masih fokus pada lima destinasi unggulan yakni Pantai Kedambaan Sarangtiung, Gunung Mamake, Taman Siring Laut, Hutan Meranti Sebelimbingan dan Teluk Tamiang.

Hal itu disebabkan masih terbatasnya kemampuan keuangan daerah, namun demikian pihaknya tetap mendukung obyek wisata lainnya untuk berkembang agar bisa menjadi destinasi baru yang dapat menjadi tujuan bagi wisatawan baik lokal dan luar daerah.

Kita dorong desa-desa yang memiliki potensi wisata untuk dikembangkan, bisa melalui BUMdes (badan usaha milik desa), Pemkab akan mendukung sesuai kemampuan, salah satunya peningkatan jalan akses menuju ke tempat wisata itu.

"Termasuk obyek wisata di Goa Lowo ini, sudah masuk dalam program pemerintah daerah untuk peningkatan jalan, dan sesegeranya akan dilakukan pengaspalan," kata bupati.

Hadir dalam peresmian Objek Wisata Goa Lowo diantaranya Ketua TP PKK Kotabaru Hj Fatma Idiana mendampingi bupati, Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis, Anggota DPRD Propinsi Kalsel, Anggota DPRD Kotabaru, unsur Forkopimda dan Muspika Kelumpang Hilir, perwakilan perusahaan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta Tokoh Pemuda se Kecamatan Kelumpang Hilir dan masyarakat sekitar.

Rangkaian acara diawali dengan iringan tarian khas Lowo Tegal Rejo serta Drum Band dari SMAN 1 Kelumpang Hilir. Sebelum penutupan acara, panitia dan segenap undangan disuguhi pembagian doorprize yang memperebutkan 1 unit Sepeda Gunung, 1 Kulkas, 1 Mesin Cuci, 4 Kipas Angin, 2 Kompor Gas, serta hadiah hiburan lainnya.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020