Angka terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) telah tembus mencapai 299 orang, namun di sisi lain juga terjadi peningkatan signifikan terhadap tingkat kesembuhan hingga mencapai 250 orang, sementara positif dirawat 34 orang dan meninggal 15 orang.

Bupati HSS yang juga Ketua Gugus Tugas COVID-19 HSS H Achmad Fikry, di Kandangan, mengatakan dengan adanya launching 10 ribu tes swab massif yang dicanangkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) tentu akan ada penambahan pasien positif.

Baca juga: Sosialisasikan cegah COVID-19, PPM Sungai Raya Selatan gunakan kostum Coway

"Dari 10 ribu tes swab massif tersebut, di Kabupaten HSS terdapat 721 tes swab yang dilakukan, menyasar warga kita dengan skala prioritas diduga terpapar virus," katanya, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan dia, karena memang setiap orang rentan terpapar virus, tapi untuk tes swab massif ini didahulukan bagi mereka yang berpotensi tertular dengan kriteria tertentu, dan apabila ditemukan warga yang positif tentu akan dirawat hingga sembuh.

Adapun berdasarkan data di info resmi Gugus Tugas COVID 19 per Selasa (18/8), tertinggi angka positif COVID-19 di Kecamatan Kandangan dengan 98 kasus, disusul Daha Utara dengan 54 kasus, Sungai Raya 47 kasus.

Baca juga: Polres HSS tingkatkan pendisiplinan masyarakat patuhi protokol kesehatan

Padang Batung 25 kasus, Angkinang 24 kasus, Simpur 20 kasus, Daha Selatan 15 kasus, Kalumpang delapan orang, Telaga Langsat tiga orang, Daha barat empat orang, Loksado satu orang.

Sementara jumlah diduga atau suspect COVID-19 berjumlah 35 orang, terdiri dari Daha Selatan 13 orang, Kandangan 10 orang, Sungai Raya empat orang, masing-masing dua orang untuk Simpur, Angkinang dan Padang Batung, serta Telaga dan Kalumpang masing-masing satu orang.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020