Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Desa Sungai Raya Selatan, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan sosialisasi pencegahan COVID-19 dengan cara berbeda atau unik.

Koordinator PMM Desa Sungai Raya Selatan, Ihya Hairi, di Sungai Raya Selatan, Sabtu (8/8), mengatakan sosialisasi unik dengan menggunakan Kostum Covid go Away (Coway), sebagai berkontribusi mahasiwa di tengah pandemi dalam upaya pencegahan COVID-19.

"Dalam kegiatan ini dilakukan sosialisasi serta edukasi mengenai pencegahan penularan COVID-19, serta pembagian masker untuk masyarakat," katanya, dalam keterangan.

Dijelaskan dia, kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker atau mengunakan protokol kesehatan masih kurang, sehingga mahasiswa PMM memiliki ide untuk memberikan edukasi dengan memberikan contoh langsung.
 

Pembagian masker oleh PPM UMM di Desa Sungai Raya Selatan (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Mahasiswa UMM di Pandulangan ciptakan alat cuci tangan sederha dari bahan bambu

Sosialisasi dengan membuat kostum topi yang dibentuk menyerupai bentuk virus serta tameng, yang bertuliskan himbauan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan sehingga terhindar dari bahaya virus.

Konsep costum tersebut untuk memberikan gambaran kepada masyarakat mengenai COVID-19, serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, dan PMM UMM mendatangi langsung tempat keramaian dan warung-warung, tempat berkumpulnya warga.

Saat pembagian masker berlangsung, masyarakat juga ikut membantu dalam kegiatan yang bertajuk “Banua COV Fight  atau Bergerak Melawan Corona”, yang diselenggarakan Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor atau yang akrab dipanggil Paman Birin.

"Warga sangat antusias menyambut kami yang membagikan masker, para ibu, bapak dan anak-anak langsung menggunakan masker yang dibagikan," katanya.
 

Pembagian masker oleh PPM UMM di Desa Sungai Raya Selatan (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Cegah Corona, Mahasiswa UMM latih warga buat jamu Empon-empon jaga daya tahan tubuh

Selain itu, masyarakat juga sangat bersemangat melihat mahasiswa yang menggunakan kostum COVID-19, maka mahasiswa tak lupa menghimbau untuk warga selalu menggunakan masker saat keluar rumah.

Mengingat penggunaan masker merupakan salah satu bentuk upaya pencegahan penularan agar terhindar dari COVID-19, disamping mengingat saat ini jumlah pasien positif COVID-19 di daerah HSS masih tinggi, termasuk di Desa Sungai Raya Selatan.

Adapun mahasiswa UMM yang sedang melaksanakan PPM di Desa Sungai Raya Selatan, berjumlah empat orang, yakni Ihya Hairi, Elsa Alpina Maulida, Noor Thoyibah Apriliana dan Muhammad Ro’isul Wathan dibawah bimbingan Ganjar Adhywirawan Sutarjo.

Sosialiasi pencegahan COVID-19 dan pembagian masker
oleh PPM UMM di Desa Sungai Raya Selatan (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020