Kotabaru,  (AntaranewsKalsel) - Pengiriman semen merk "Tiga Roda" yang diproduksi PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, dari Jawa Barat-Jawa Timur sepanjang 1.060 kilometer, dengan menggunakan kereta api mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).


Corporate Secretary PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, Evi Juliana, didampingi Manajer Operasional Indocement Plant 12 Tarjun, H Akhmadi, di Kotabaru, Sabtu mengatakan, rekor MURI tersebut diperoleh karena, pengiriman semen dengan jarak terpanjang.

Yakni mencapai 1.060 kilometer dalam sekali jalan, mulai dari Stasiun Nambo, Bogor, Jawa Barat - Stasiun Banyuwangi Baru, Jawa Timur.

"Pembukaan pengiriman semen dengan menggunakan kereta api Nambo III tersebut, dilakukan pada 3 Juni 2014," ujar Evi.

Evi menjelaskan, sebelum Nambo III, Indocement sebelumnya juga telah melakukan pengiriman semen dengan kereta api yakni, dari Palimanan ke Purwokerta, Jawa Tengah, dan dari Citeureup, Bogor - Pelabuhan Kalimas, Surabaya.

"Dengan menggunakan kereta api tersebut, pengiriman semen terjadi efesiensi biaya yang signifikan," jelas Evi tanpa menyebutkan besarnya efesiensi biaya dengan rinci.

Terjadinya efesiensi biaya pendistribusian tersebut, diharapkan dapat menekan biaya secara keseluruhan produksi dan pemasaran, sehingga dapat mempengaruhi harga jual semen kepada konsumen.

Dia menambahkan, Indocement kini tengah membangun pabrik semen (brownfield) pabrik ke-14 di komplek pabrik citeureup dengan kapasitas produksi 4,4 juta ton per tahun yang diharapkan akan selesai pada kuartal ke-3 periode 2015.

Selain itu, Indocement juga tengah menyelesaikan studi kelayakan untuk membangun pabrik semen baru lainya, di Jawa Tengah dan luar Jawa, dengan kapasitas produksi minimal 2,5 juta ton per tahun.

Dikatakan, dengan demikian total kapasitas terpasang (installed design capacity) Indocement saat ini sebesar 20,5 juta ton (18,6 juta ton dan 1,9 juta ton VRM) semen per tahun.

Hingga saat ini Indocement memiliki 40 batching plant dan 648 truk mixer dengan total kapasitas produksi 4,4 juta meterkubik.

Indocement saat ini memiliki tiga komplek pabrik, yakni, citeureup, Palimanan, dan Tarjun, serta enam terminal, yakni, Tanjung Priok, Tanjung Perak, Banyuwangi, Denpasar, Lembar dan Samarinda.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014