Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan peringatan Hari Pramuka ke-59, secara sederhana, peserta terbatas dan mengedepankan protokol kesehatan, bertempat di Sanggar Pramuka Kandangan.

Wakil Bupati HSS selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka HSS, Syamsuri Arsyad, di Kandangan, Jum'at (14/8), mengatakan tema peringatan Hari Pramuka kali ini "Peran Gerakan Pramuka ikut membantu dalam penanggulangan bencana COVID-19 dan bela negara".

"Tema ini sesuai dengan upaya yang ditunjukkan Kwartir Nasional dan juga sebagai upaya untuk menggerakkan Pramuka peduli di seluruh Kwartir," katanya, saat bertindak sebagia pembina upacara menyampaikan sambutan tertulis Ketua Kwartir Nasional Komjen Polisi (Purn) Drs. Budi Waseso. 

Peringatan Hari Pramuka ke-59 di Kabupaten HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Wabup HSS ikuti upacara Hari Pramuka secara virtual

Diijelaksan dia, upaya untuk membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanganan wabah serta turut membantu warga terdampak, perwujudan semangat para pramuka bantu menanggulangi bencana wabah, yang menjadi masalah besar bangsa Indonesia, juga di seluruh dunia.

Sejak terjadinya wabah, gerakan pramuka selalu tanggap dan mengambil bagian dalam upaya penanggulangannya yang dimulai bagi anggota pramuka itu sendiri, yang pada intinya harus mematuhi protokol kesehatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Para pramuka juga ikut berkreasi membuat dan membagikan masker, membuat dan membagikan handsanitizer, sampai aktif pula dalam gerakan melakukan penyemprotan disenfektan dalam membantu menanggulangi wabah COVID-19.

Peringatan Hari Pramuka ke-59 di Kabupaten HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Halal Bihalal online, Wabup HSS pesankan Pramuka jadi duta protokol kesehatan

Turut hadir, Komandan Kodim 1003 Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, Mabisaka Wira Kartika, Kepala Dinas Sosial HSS selaku Wakil Ketua Kwarcab serta para Wakil Ketua Kwarcab lainnya.

Juga Direktur PDAM HSS Arif Budiman selaku pengurus Kwarcab, Andalan Cabang, Camat Daha Utara, Padang Batung, Angkinang dan Daha Barat selaku Kamabiran DKC dan Satgas Pramuka Peduli, Pimpinan Satuan Karya (Saka), beberapa Kwartir Ranting terdekat, serta undangan lainnya.

Peringatan Hari Pramuka ke-59 di Kabupaten HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020