Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, juga selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarca) Gerakan Pramuka HSS mengikuti Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-59, di Sanggar Pramuka, Kandangan.

Ia mengatakan, rasa syukur karena bisa mengikuti upacara peringatan Hari Pramuka secara virtual dan menyampaikan bahwa di Kalimantan Selatan (Kalsel) hanya ada enam kabupaten yang ditunjuk menjadi peserta, salah satunya adalah Kabupaten HSS.

“Tadi Bapak Presiden berpesan ada dua hal untuk melakukan gerakan nasional, pertama gerakan disiplin untuk mengkampanyekan hidup sehat memenuhi protokoler kesehatan, dan kedua adalah berbagi kepada yang berkekurangan,” katanya, dalam keterangan, Rabu (12/8).

Baca juga: Halal Bihalal online, Wabup HSS pesankan Pramuka jadi duta protokol kesehatan

Presiden Republik Indonesia (RI) H Joko Widodo sebagai pembina upacara, berpesan anggota Pramuka agar giat belajar, kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi setinggi-tingginya, jadi SDM Indonesia yang hebat yang cepat tangap dan cerdas serta merasat kebhinekaan dan mempertahankan NKRI.

Selanjutnya, Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka Budi Waseso, menyampaikan bahwa tema Hari Pramuka kali ini adalah "Peran Gerakan Pramuka ikut membantu dalam penanggulangan bencana COVID-19 dan bela negara".

Menurut dia, tema tersebut adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana COVID-19, yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bangsa Indonesia, juga di seluruh dunia.

Baca juga: Buka SLI Operasional, Wabup HSS ingatkan protokol kesehatan dan karhutla

Upacara yang biasanya diselenggarakan secara langsung atau tatap muka kini dilakukan secara virtual mulai pukul 15.00 WIB, Presiden RI mengikuti dari Istana Negara, Ketua Kwartir Nasional Pramuka Budi Waseso dan petugas upacara di Pusdiklatnas Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur.

Live streaming dilakukan dari Gedung Pusdiklatnas Pramuka yang diikuti pengurus 34 Kwartir Daerah di tingkat provinsi, ratusan Kwartir Cabang di kabupaten dan kota termasuk Kwarcab HSS, 11 Gugus Depan di KBRI dan KJRI di luar negeri, dan disaksikan jutaan Pramuka melalui media sosial.

Ikut juga hadir mendampingi Wabup HSS, Kepala Kemenag HSS H Saribuddin selaku Wakil Ketua Kwarcab, Kepala Dinas Sosial HSS Nordiansyah selaku Wakil Ketua Kwarcab serta para Wakil Ketua Kwarcab lainnya, pengurus Kwarcab, pengurus Satuan Karya, DKC dan Satgas Pramuka Peduli.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020