Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry, menjelaskan bahwa pelaksanaan peringatan HUT Proklamasi ke-75 Republik Indonesia (RI) akan tetap dilaksanakan di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan. dan tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Ia mengatakan, berdasarkan edaran dan petunjuk dari Sekretariat Negara RI, jumlah peserta dibatasi, sehingga rencananya peserta hanya 30 orang, 10 orang dari TNI, 10 orang dari anggota Polres dan 10 Orang dari anggota Satpol PP, selanjutnya untuk undangan juga dibatasi.

"Juga ada kewajiban bagi kita juga untuk mengikuti upacara Peringatan HUT Proklamasi RI 17 Agustus yang berlangsung di Istana Negara Jakarta secara virtual," katanya, saat memberikan keterangan dalam Rapat Koodinasi Bulanan Pemkab HSS, Kamis (13/8) secara daring.

Baca juga: Bupati HSS : Nadjmi Adhani tokoh teladan dalam pengabdian pada masyarakat

Dijelaskan dia, karena protokol kesehatan pencegahan COVID-19 menjadi pertimbangan utama, Maka tahun ini Pemkab HSS tidak melaksanakan Lomba yang biasanya digelar untuk memeriahkan Peringatan HUT Proklamasi ini.

Dalam kondisi pandemi seperti ini, Pemkab HSS tidak akan melaksanakan lomba yang mungkin melibatkan kontak fisik dan dapat menimbulkan kerumunan, sehingga dapat mengakibatkan penularan virus.

Meski menghimbau untuk tidak melaksanakan kegiatan lomba, bupati mengaku dirinya tidak bisa sepenuhnya melarang kegiatan lomba yang ada di masyarakat.

Baca juga: Kesembuhan COVID-19 HSS capai 233 orang, positif dirawat tinggal 33

“Protokol Kesehatan COVID-19 harus menjadi pertimbangan, Seandainya mereka mau menggelar lomba, silahkan koordinasikan terlebih dahulu dengan kepala desa, camat dan forum pimpinan kecamatan," katanya.

Ditambahkan dia, terpenting harus tetap mengikuti protokol kesehatan seperti selalu pakai masker, cuci tangan, hindari kontak langsung, jaga jarak serta hindari kerumunan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020