Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry, menyampaikan bersyukur pada posisi data akhir positif COVID-19 per Selasa (11/8) tingkat kesembuhan terus meningkat menjadi 233 orang, tersisa positif dalam perawatan sebanyak 33 orang.

Ia mengatakan, walaupun peningkatan kesembuhan juga harus tetap memperhatikan untuk rencana tes swab massal sekitar 600 orang, yang akan dilaksanakan 14 Agustus 2020 mendatang.

Baca juga: Positif COVID-19 HSS 268 orang, 193 orang diantaranya telah sembuh

"Kemungkinan dari hasil tes swab massal akan meningkat lagi jumlah terkonfirmasi, namun diharapkan ini yang terakhir apabila ada lonjakan, dan untuk warga terkonfirmasi akan dilakukan penanganan dan perawatan sampai sembuh," katanya, dalam sambutan apel simulasi taktis karhutla, Selasa (11/8).

Dijelaskan dia, terkait pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), agar tetap seiring dengan upaya memasyarakatkan protokol kesehatan dalam rangka penurunan angka positif COVID-19 di HSS.

Begitupun, dalam kegiatan apapun penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran COVID-19 harus tetap dilakukan, dengan menggunakan masker,mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sesering mungkin menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

Baca juga: Sosialisasikan cegah COVID-19, PPM Sungai Raya Selatan gunakan kostum Coway

Sementara itu, berdasarkan data resmi Gugus Tugas COVID-19 jumlah terkonfirmasi positif sebanyak 278 orang, 33 orang positif di antaranya dalam perawatan, 233 orang dinyatakan sembuh dan 12 orang lainnya meninggal dunia.

Penurunan juga terjadi bagi mereka yang diduga atau suspect COVID-19 menjadi 12 orang, terdari dari tujuh orang masih dalam proses pemantauan dan lima orang lainnya dalam perawatan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020