Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Pemuda dan mahasiswa di Kalimantan Selatan, melakukan aksi penggalangan dana untuk membantu meringankan beban warga Palestina yang kini sedang berduka, karena serangan militer Israel.


Aksi galang dana untuk solidaritas terhadap rakyat Palestina itu berlangsung antara lain di perempatan jalan-jalan protokol dalam Kota Banjarmasin, demikian pemantauan di Banjarmasin, Sabtu.

Sebagai contoh di perempatan Jalan Merdeka dan Jembatan Merdeka - Jalan Sudirman - Jalan Lambung Mangkurat, tampak berkibar bendera ukuran besar dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang turut menggalang dana kemanusiaan tersebut.

Sementara di Sekretariat DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalsel melalui pengeras suara menyeru pengguna jalan untuk berderma buat membantu kaum Muslim Palestina yang kini sedang teraniaya.

Begitu pula sejumlah mahasiswa/mahasiswi dari perguruan tinggi di ibu kota Kalsel tersebut menyebar dekat lampu stopan (traffic light) di perempatan Jalan Pangeran Samudera dan Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Sambil menghimpun dana, pemuda dan mahasiswa Kalsel itu juga mengecam sikap militer Israel yang membombardir Jalur Gaza dan mengakibatkan banyak rakyat sipil yang tidak berdosa turut menjadi korban.

Pemuda mahasiswa dari "Bumi Perjuangan Pangeran Antasari" Kalsel juga menyeru Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) agar segera turun tangan, tidak cuma sekedar mengimbau, tetapi melalukan gencatan senjata.

Selain itu, menindak atau memberi sanksi kepada Israel yang melanggar pernjanjian damai, sehingga turut terusiknya negara-negara Timur Tengah lainnya./e

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014