Seiring Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang akan melaksanakan swab massal rencananya pada 14-17 Agustus 2020, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara juga bersiap melakukan Swab massal sendiri karena sudah memiliki alat Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk melakukan tes Swab.

"Kita sudah siap dengan sarana dan prasarana untuk melakukan swab Massal, seperti tenaga medis, tempat karantina, ambulans dan lainnya," ujar Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Abdul Wahid HK di Amuntai, belum lama ini.

Wahid mengatakan, pelaksanaan swab massal direncanakan dalam minggu ini dengan lokasi pelaksaaannya di halaman Kantor Dinas Kesehatan di Kelurahan Sungai Malang.

Diinformasikan, sarana dan fasilitas karantina selain disiapkan di rumah sakit Pambalah Batung juga disediakan di wilayah-wilayah kecamatan.
 
Bupati HSU H Abdul Wahid HK. (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

"Untuk karantina seluruh kecamatan sudah disiapkan sejak awal Pandemi Covid - 19, kita juga memaksimalkan peran kampung tangguh banua," terangnya.

Jika tempat isolasi masih diperlukan,  pihak swasta juga siap menyediakan, termasuk fasilitas ambulans dan drivernya.

Pemkab HSU sudah melakukan sosialisasi melalui berbagai media, termasuk bantuan dari TNI Polri.

Wahid menginformasikan, jika seluruh tenaga kesehatan dan pejabat Pemkab HSU sudah menjalani Rapid test, diantaranya menjalani karantina karena terpapar COVID 19.

"Kami sudah melakukan Rapid Test bagi ASN/ PNS yang berkerja dibidang pelayanan, baik itu pelayanan dibidang kesehatan ataupun di bidang lainnya bahkan para pekerja kebersihan pun kami lakukan test begitu juga dengan anggota TNI - Polri selalu dilakukan test secara berkala dan rutin," katanya.
 
Bupati HSU H Abdul Wahid HK dan perwakilan Forkopimda mengikuti rakor persiapan Swab Massal melalui video conference di Mess Negara Dipa Amuntai. (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

Pemkab HSU sudah membeli alat PCR untuk melakukan Swab. Pembelian PCR ini atas usulan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten HSU yang melihat hasil Swab yang dilakukan di provinsi cukup lama mengetahui hasilnya.

Bupati HSU bersama jajaran terkait telah mengikuti rapat koordinasi melalui video conference dengan Pemprov Kalsel terkait kesiapan swab massal.

Pemprov Kalsel menargetkan sebanyak 10.000 sampel test pada pelaksanaan Swab Massal diseluruh kabupaten/kota, termasuk HSU sebanyak 503 sampel.


 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020