Legislatif siap mendukung rencana pembangunan Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ihsan di Desa Sungaikupang, Kecamatan Kelumpang Hulu, Kabupaten Kotabaru.

Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru, Syairi Mukhlis mengatakan, keberadaan pondok pesantren sangat strategis dalam syiar Islam sekaligus membentuk ketaqwaan bagi masyarakat.

"Kami (legislatif) sangat mendukung pembangunan pesantren Darul Ihsan di Cantung, karena akan menjadi wadah bagi masyarakat dalam mencetak generasi yang beriman dan bertaqwa," kata Syairi, usai meninjau lokasi rencana pembangunan pesantren, Ahad.

Dikatakannya, banyak hal yang perlu disiapkan dalam pembangunan pesantren, selain gedung untuk belajar, asrama, jalan dan sarana prasarana lain.

Untuk itu tambahnya, perlu kehadiran dan keterlibatan pemerintah daerah dalam mendukung pembangunan lembaga pendidikan ini, khususnya dukungan dana dari pos dana hibah.

Sehubungan itu, politisi PDIP ini menuturkan, sesuai dengan kewenangan yang ada, pihaknya (legislatif) siap mendukung memediasi dalam pengalokasian dana tersebut bersama eksekutif.

"Oleh sebab itu, diharapkan panitia pembangunan (pihak pondok pesantren) segera membuat proposal yang ditujukan kepada pemerintah daerah," ujarnya seraya berjanji akan siap mengawal prosesnya.

Diketahui rencana lokasi pembangunan gedung pondok pesantren Darul Ihsan seluas sekira satu hektar itu merupakan lahan yang waqaf yang dihibahkan dari salah seorang tokoh masyarakat setempat.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020