DPRD Kalimantan Selatan dalam hal ini Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan mencari tahu pemutakhiran data di provinsi tetangganya yaitu Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam menghadapi pemilihan kepala daerah atau Pilkada Tahun 2020.

Sekretaris Komisi I DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Suripno Sumas SH MH mengemukakan itu dari Palangkaraya (198 kilometer barat Banjarmasin), ibu kota Kalteng lewat WA, Selasa.

Oleh sebab itu, dalam kunjungan kerja ke luar daerah , 3 - 5 Agustus 2020, Komisi I DPRD Kalsel yang diketuai Dra Hj Rachmah Norlias dari Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut mendatangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kalteng.

"Kita ingin tahu tentang kesiapan Disdukcapil Kalteng dalam pemutakhiran data yang dipakai Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk Pilkada serentak secara nasional yang dijadwalkan 9 Desember mendatang," tegasnya menjawab Antara Kalsel.

Anggota DPRD Kalsel dua periode itu berharap, hasil studi komparasi dari daerah tetangga "Bumi Isen Mulang" (pantang mundur) atau "Bumi Tambun Bungai" Kalteng tersebut dapat menjadi bahan perbandingan dalam menyiapkan Pilkada yang tinggal beberapa bulan lagi.

"Lebih dari itu, pelaksanaan Pilkada di Kalsel kembali sukses seperti data pemilih betul-betul akurat, serta partisipasi pemilih meningkat atau minimal tidak jauh menurun dibandingkan dengan Pilkada sebelumnya," lanjut pensiunan PNS yang bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa tersebut.

"Kesuksesan lain yaitu daerah tetap dalam keadaan kondusif hingga pascapenetapan pemenang Pilkada dan pelantikan/pengambilan sumpah mereka yang terpilih," demikian Suripno Sumas.

Dalam Pilkada serentak secara nasional 9 Desember 2020, di Kalsel selain pemilihan gubernur dan wakil gubernur setempat, juga dari 13 kabupaten/kota tujuh di antaranya menggelar pesta demokrasi bagi daerah tersebut.

Ketujuh kabupaten/kota yang menggelar Pilkada 2020 yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah (HST), Balangan, Tanah Bumbu (Tanbu) dan Kabupaten Kotabaru.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020