Mengambil tema ''Membentuk SDM kreatif, inovatif dan adaptif'' Kodim 1007/Banjarmasin menggelar Komsos Kreatif pencak silat budaya di halaman Makodim Jalan S. Parman No 5 Banjarmasin.

Komandan Kodim 1007/Banjarmasin Kolonel Czi M. Leo Pola Ardiansa mengatakan, melalui Komsos Kreatif pentas seni ''Pencak Silat Budaya'' diharapkan dapat meningkatkan tali silaturahmi yang sehat dan harmonis antara prajurit TNI dengan segenap komponen masyarakat di wilayah Banjarmasin. 

"Kita wajib berbangga seni bela diri Indonesia khususnya pencak silat sudah mendunia. Sebagai aparat kewilayahan, kami selalu mendukung pemerintah dalam program pelestarian budaya, utamanya pencak silat ini," katanya.
Dandim 1007/Banjarmasin Kolonel Czi M. Leo Pola Ardiansa bersama Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah mengikuti atraksi pentas seni ''Pencak Silat Budaya''. (ANTARA/Firman)


Menurut Dandim, teritorial sebagai salah satu fungsi organik militer, pembinaan komsos kreatif yang diselenggarakan agar dapat dimanfaatkan sebagai sarana penerangan dan hubungan masyarakat, sehingga akan terwujud daya dukung yang optimal serta timbulnya tingkat partisipasi masyarakat bagi kepentingan pertahanan Negara, khususnya aspek darat. 

Sementara Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah menginginkan pencak silat agar terus dilestarikan. Dia pun memastikan Forkopimda dan instansi lainnya akan terus melakukan pembinaan dan masyarakat juga harus terus menjaga dan melestarikan pencak silat.

"Kita harapkan sekitar 30-an perguruan silat yang ada di Kota Banjarmasin juga terus menjaga silaturahmi, baik kepada semua instansi, masyarakat dan antar sesama perguruan," tuturnya.
(ANTARA/Firman)


Meski sekarang ini dalam suasana pandemi COVID-19, Hermansyah berharap pesilat tetap melakukan latihan untuk menjaga gerakan dan kebugaran, namun selalu mematuhi protokol kesehatan.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020