Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kalimantan Selatan memgunjungi Kabupaten Hulu Sungai Utara untuk meninjau kesiapan penyelenggaraan pilkada 2020 serta pencoklitan daftar pemilih.

Koordinator Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia (OSDM) Bawaslu Kalsel, Iwan Setiawan di Amuntai Kamis mengatakan,  tujuan kedatangan mereka untuk melihat kondisi kesiapan Bawaslu di kabupaten/kota termasuk Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) pada penyelenggaraan Pilkada 2020.

"Kita ingin mengetahui kesiapan terkait Alat Pelindung Diri (APD) untuk pengawas, kesiapan para pengawas Ad Hoc dan persoalan protokol kesehatan serta hal-hal teknis lainnya yang harus dipatuhi oleh Bawaslu kabupaten /kota," ujar Iwan.

Iwan mengatakan, penyelenggaraan pemilu tahun ini tentu berbeda dibanding penyelenggaraan sebelumnya terkait persoalan teknis, karena adanya Pandemi COVID 19, sehingga Bawaslu Kalsel ingin msmastikan persiapan didaerah berjalan sesuai prosedur.

Sebelum meninjau ke lapangan, Iwan berbincang dengan jajaran Bawaslu dan KPU mengenai situasi dan kondisi jelang penyelenggaraan Pilkada 2020.
 
Ketua bidang OSDM Bawaslu Kalsel meninjau pelaksanaan Coklit di satu rumah warga di Kabupaten HSU. (Antaranews Kalsel/Bawaslu HSU/Eddy A)

Pihak Bawaslu HSU dihadiri ketuanya Syardani dan anggota  Khairil dan Emmy Najmiati, sedang dari KPU HSU dihadiri Ketuanya Rina Mei Saputri dan anggota Riza Ansari dan Ihsan Rahmani serta beberapa pengawas kecamatan/desa, PPK, PPS l.

Ketua Bawaslu HSU Syardani yang mendampingi kunjungan Iwan mengatakan ada tiga desa dari tiga kecamatan yang dikunjungi Ketua Bawaslu Kalsel dan rombongan yakni Desa Pekapuran Kecamatan Amuntai Utara, Desa Kota Raja Kecamatan Amuntai Selatan dan Desa Kandang Halang  Kecamatan Amuntai Tengah.

"Alhamdulillah, pengawasan pencoklitan berlangsung dengan lancar, PPDP juga melaksanakan tugas sesuai dengan prosedurnya," kata Syardani.

Syardani menegaskan, Bawaslu HSU siap  melaksanakan tugas dan fungsinya pada penyelenggaraan Pilkada 2020 di tengah pandemi COVID -19, dan akan selalu bekerja sama dengan KPU dalam setiap proses tahapannya.
 
Ketua bidang OSDM Kalsel secara simbolis menyerahkan tanda bukti kepada calon pemilih yang sudah dilakukan pemutakhitan data pemilih untuk Pilkada Kalsel 2020. (Antaranews Kalsel/Bawaslu HSU/Eddy A)

Ketua KPU HSU Rina Mei Saputri juga menyampaikan kesiapan bekeja sama demgan berbagai pihak saling membina dan membimbing.

"Antara Bawaslu dan KPU agar selalu bergandeng tangan dalam pelaksanaan tugas dilapangan sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dalam aturan dan meminimalisir adanya ketidaksinkronan data," katanya.


 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020