Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry, menyampaikan di tengah-tengah pandemi COVID-19, petani harus terus berusaha ini merupakan wujud konsep ketahanan pangan di Kabupaten HSS dan sekaligus memberikan dukungan kepada Kelompok Tani (Poktan) Talipuk, Desa Mandala, Kecamatan Telaga Langsat.

Ia mengatakan, hari ini, Kamis (24/7) bersama-sama mengikuti syukuran tanam padi IP-200 untuk PoktanTalipuk, rencana ada 25 hektar memanfaatkan sumber air dari fasilitas irigasi Telaga Langsat.

"Kita bersyukur mereka kelompok tani dialiri irigasi, sehingga mereka bisa mengatur tanam ini IP-200 target sampai IP-300, dan dari diskusi PoktanTalipuk kita telah menerima harapan dan masukan dari agar persawahan mereka yang 25 hektar menjadi IP-300," katanya, saat memberikan sambutan.

Baca juga: Jamin keberlangsungan usaha, lahan padi dan ternak di HSS diasuransikan

Dijelaskan dia, 25 hektar tersebut agar itu betul-betul menjadi IP-300, kalau menjadi IP-300 pihaknya akan memfasilitasi dengan alat panen dan begitu alat panen ada, lahannya bisa diolah langsung dan tanam lagi jadi waktu bisa dimaksimalkan.

Ketua Poktan Talipuk, Rusmaji, mengatakan syukuran tanam padi ini bukti nyata keberhasilan di lapangan dan pihaknya pun bisa bekerjasama dengan pemerintah, untuk penghasilannya tiap tahun meningkat karena menggunakan teknologi.

Penanaman telah dimulai dari tahun 90 an cuma ada perbaikan kendala-kendala di lapangan, karena pihaknya sudah melihat di lapangan potensinya sudah mampu untuk melaksanakan IP-300.

"Karena kelancaran air terjamin dan pola tanamnya kami sudah sesuai, pada bulan Oktober dan November tanam kemudian bulan Februari sampai dengan Maret 2021 panen,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian HSS M Noor, mengatakan tadi ada beberapa permintaan dari kelompok tani untuk kegiatan IP-300, semacam percontohan karena memang di 2021 pemerintah sudah memprogramkan untuk bantuan-bantuan.

Baca juga: Video : Syukuran panen padi Poktan Cinta Maju bersama Gubernur Kalsel

Bantuan tersebu diakomodir, baik yang dari APBD Provinsi maupun APBN, nantinya di arahkan untuk kegiatan tanam padi IP-200 dan IP-300 dalam rangka mengejar produksi dan luas tanah.

Menurut dia, apa yang disampaikan ketua kelompok tadi ada peningkatan yang dari 5,2 ton dari panen terdahulu, dan ditahun 2020 ini naik menjadi 6,3 ton perhektar jadi memang ada kenaikan.

"Alhamdulillah ini juga jerih payah dari petani dalam menerapkan teknologi, dan juga atas peran dan bimbingan dari kawan-kawan penyuluh di lapangan,’’ katanya, dalam kegiatan syukuran tanam yang menerapkan protokol kesehatan.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Kapolres HSS AKBP Siswoyo, Dandim 1003 Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, Kepala Dinas Ketahanan Pangan HSS Ir. H.Mawardi, Kepala Dinas PUTR HSS Tedy Soetedjo, Camat Telaga Langsat Sar Ifansyah, Kepala Bagian Ekobang dan TU Setda Bardamaini.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020