Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Hj Isnaniah Achmad Fikry memimpin pelaksanaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda), bertempat di sekretariat PKK setempat.

Ia mengatakan, terkait wabah COVID-19 yang sedang melanda, ada beberapa program PKK yang harus disesuaikan dengan keadaan dan juga harus sesuai dengan protokol kesehatan.

"Posyandu merupakan salah satu progran PKK, namun akibat adanya pandemi COVID-19 akan diberhentikan untuk sementara, jika belum bisa memenuhi protokol kesehatan yang berlaku," katanya, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tingkatkan ketahanan pangan, PKK HSS laksanakan pelatihan budidaya ikan

Dijelaskan dia, kegiatan posyando bila dilanjutkan apabila bisa memenuhi protokol kesehatan, posyandu akan tetap dilaksanakan. Selain itu TP PKK. HSS tetap menjalankan sosialisasi tentang pemanfaatan pekarangan rumah dengan melalui leaflet ataupun brosur.

Pemanfaatan pekarangan rumah ini bisa ditanam di halaman rumah untuk konsumsi sehari-hari, seperti sayur-sayuran yang mengandung gizi dan vitamin yang banyak sehingga mampu meningkat imun tubuh yang mengkonsumsinya.

Adapun lomba-lomba yang akan diikuti oleh TP PKK HSS seperti Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

Selanjutnya, Lomba tertib administrasi, lomba Halaman, Asri, Teratur, Indah, dan Nyaman (HATINYA PKK), dan Lomba Inspeksi Visual dengan Asam asetat (IVA) tes.

Baca juga: PKK HSS bantu sembako warga kurang mampu di lima desa Daha Barat

Dalam rangka persiapan lomba tersebut, diharapkan dia agar berkoordinasi dengan SKPD yang terkait dan juga kerjasama antar pengurus PKK, baik di tingkat desa sampai tingkat kabupaten, sehingga bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Selain itu juga kegiatan budidaya ikan di dalam ember yang sudah di sosialisasikan ke kecamatan dan sudah disosialisasikan kembali di desa masing-masing kecamatan pun sudah di praktekkan, guna untuk membantu perekonomian masyarakat di desa pada masa pandemi COVID-19 ini.

"Pelaksanaan kegiatan ini supaya menjadi momentum yang dapat meningkatkan sinergitas dan kerjasama diantara PKK dan SKPD yang terkait, untuk saling mendukung Pemerintah Kabupaten HSS untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020