Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Kelompok Kerja Fungsional (Pokjanal) Kota Sehat Banjarbaru, Kalimantan Selatan, belajar penataan kota dan pelayanan publik dengan mengunjungi Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur.


Kepala Bagian Humas Setdakot Banjarbaru Abdul Malik di Banjarbaru, Jumat mengatakan, kunjungan rombongan Pokjanal Kota Sehat dipimpin langsung Wali Kota Banjarbaru Ruzaidin Noor didampingi pejabat terkait.

"Wali Kota didampingi Ketua Pokjanal Darmawan Jaya dan rombongan berkunjung ke Pemkot Surabaya, Kamis (12/6) dan diterima Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang didampingi sejumlah pejabat setempat," ujarnya.

Menurut kabag humas, kunjungan Pokjanal Kota Sehat Banjarbaru yang fokus di bidang penataan kota dan penyehatan lingkungan karena Pemkot Surabaya dinilai berhasil dalam melakukan penataan kota.

Dijelaskan, penataan Kota Surabaya yang dipimpin Wali Kota Tri Rismaharini membuat ibukota Provinsi Jawa Timur itu semakin tertata baik sehingga meraih penghargaan nasional maupun internasional.

"Strategi dan terobosan yang dilakukan Pemkot Surabaya menata kota yang akan ditiru Pemkot Banjarbaru dan tim Pokjanal Kota Sehat sehingga penataan Kota Banjarbaru semakin baik dan nyaman," ungkapnya.

Ia mengatakan, selain belajar penataan kota, wali kota dan sejumlah pejabat pemkot juga belajar sistem pelayanan terpadu yang diterapkan Pemkot Surabaya yakni "Surabaya Single Window" (SSW).

Ditekankan, Pemkot Banjarbaru dan Pemkot Surabaya sama-sama meraih penghargaan Inovasi terbaik tahun 2014 namun berbeda bidang, sehingga Banjarbaru ingin mengembangkan inovasi di bidang pelayanan publik.

"Pemkot Banjarbaru ingin memberikan pelayanan terpadu dan prima seperti yang dilakukan Pemkot Surabaya sehingga pelayanan bisa maksimal tanpa terhambat birokrasi yang bisa mempersulit pelayanan publik," ujarnya.

Ditambahkan kabag humas yang mendapat informasi dari Kasubag Pemberitaan dan Peliputan Teddy Fakhrizal yang mengikuti rombongan wali kota, Pemkot Banjarbaru mendapat banyak pengetahuan dari kunjungan tersebut.

"Wali Kota dan rombongan nampak bersemangat mendengarkan penjelasan Wali Kota Surabaya dan beliau akan menerapkan sistem pelayanan publik yang semakin memudahkan masyarakat mengurus perizinan," katanya./e

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014