Martapura,  (AntaranewsKalsel) - Bupati Banjar, Kalimantan Selatan, Khairul Saleh memberikan bonus masing-masing berupa satu bulan gaji kepada para petugas kebersihan yang dinilainya berjasa atas perolehan penghargaan Adipura Kencana.


Pemberian hadiah itu diucapkan bupati melalui pengeras suara sebelum upacara penerimaan Piala Adipura Kencana di halaman Kantor Bupati Banjar berakhir, Senin.

"Sebelum bubar kami sampaikan, pasukan kuning dan pasukan hijau akan diberikan bonus sebesar satu bulan gaji," ucap bupati melalui alat pengeras suara.

Ucapan orang nomor satu lingkup Pemkab Banjar itu langsung disambut tepuk tangan diiringi ungkapan syukur ratusan petugas kebersihan dan petugas pasar yang hadir.

Menurut bupati, bonus yang diberikan kepada petugas kebersihan dan pasukan hijau di lingkungan pasar sebagai bentuk perhatian terhadap peran mereka dalam meraih Adipura.

"Peran mereka sangat besar dalam Adipura sehingga wajar semuanya diberikan bonus yang diharapkan semakin memacu semangat menjaga kebersihan lingkungan," ungkapnya.

Jumlah petugas kebersihan atau pasukan kuning yang diberdayakan Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupatan Banjar sebanyak 300 orang.

Sedangkan pasukan hijau atau petugas kebersihan yang bertugas menjaga kebersihan di lingkungan pasar jumlahnya juga mencapai ratusan orang.

"Gaji satu bulan pasukan kuning berkisar Rp800 ribu hingga Rp900 ribu per bulan sehingga mereka menerima bonus sebesar gaji satu bulan," ujar Kabag Humas Rahmadin MY.

Salah seorang petugas kebersihan Udin mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dan berterima kasih atas bonus yang secara spontan diberikan bupati tersebut.

"Kami tentu sangat berterima kasih karena bonus yang tidak terduga ini bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Terima kasih pak bupati," ucapnya.

Usai upacara penyerahan Piala adipura dilanjutkan arak-arakan mobil menuju lokasi Tempat Pembuangan Akhir yang berganti nama dari TPA Padang Panjang menjadi TPA Cahaya Kencana.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014