Tim Corporate Social Responsibility PT Adaro Metcoal Companies terus memberikan empati kepada masyarakat sekitar Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah yang terdampak COVID - 19.

Melalui ide kreatifnya tim CSR berhasil merakit 13 sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan memanfaatkan material sisa project di warehouse.

 Selanjutnya sarana CTPS didistribusikan di dua Kelurahan dan delapan desa melalui tiga Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) di sekitar wilayah operasional PT AMC di Kabupaten Murung Raya.

"Kegiatan ini makin meningkatkan rasa empati dan kerjasama tim, terutama kepedulian kepada masyarakat sekitar yang terdampak COVID - 19”, ungkap Community Development Section Head AMC Sri Armiyati Jarkasi.

Sri menyampaikan sebelumnya banyak hal yang sudah terencana di tahun 2020 namun tidak bisa terlaksana akibat Corona yang terjadi di seluruh penjuru tanah air bahkan dunia secara umum.

Kondisi ini memaksa manajemen perusahaan untuk menunda berbagai kegiatan, khususnya yang berhubungan dengan orang banyak guna mencegah penyebaran virus.

Hal ini membuat tim CSR AMC berpikir untuk menyusun dan menentukan strategi yang tepat terkait pelaksanaan program tanggungjawab sosial di tengah pandemi ini.

"AMC memutuskan program CSR tahun 2020 fokus untuk membantu pemerintah dalam upaya memerangi COVID - 19," tambah Sri.

Salah satunya dengan merakit sendiri sarana cuci tangan pakai sabun agar dapat digunakan masyarakat Kabupaten Murung Raya.

Pembuatan awal dimulai pada 9 April 2020 dengan memanfaatkan bahan sisa material yang diambil dari gudang (warehouse) meskipun sebagian material lagi dibeli menggunakan budget CSR.

Menurut Sri, ide kreatif ini juga muncul karena sarana cuci tangan ini diperlukan cepat dalam kondisi sekarang ini, sehingga bila dikerjakan sendiri harapannya proses pengerjaan bisa cepat diselesaikan dengan hasil sesuai standar yang diinginkan AMC.

 Khusus untuk sarana CTPS, tim CSR AMC menemukan cara kreatif dalam pembuatannya, guna menyiasati budget yang terbatas.

Seluruh proses pembuatan sarana cuci tangan ini dilakukan secara bergotong - royong, mulai dari perakitan tempat meletakkan tong air kapasitas 200 liter, pemasangan kran hingga pengecatan.

 “Kami sangat puas dapat membuat sendiri sarana CTPS dan ini bentuk kontribusi AMC untuk pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID - 19," jelas Riawan Ma’ruf selaku Community Development Supervisor sekaligus koordinator lapangan dalam pembuatan sarana CTPS tersebut.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
AMC sendiri merupakan salah satu anak usaha PT Adaro Energy, Tbk yang bergerak dalam bidang pertambangan batubara di wilayah Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah dan sebagian kecil masuk ke wilayah Provinsi Kalimantan Timur juga tidak luput dari imbas pandemi.

Memiliki tujuh anak perusahaan yang tersebar di tujuh wilayah konsesi, AMC mempunyai program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau CSR yang harus dijalankan setiap tahunnya.

Sebelumnya PT AMC juga memberikan bantuan masker, sabun cuci tangan, CTPS, alat pengukur suhu badan, disinfektan, alat semprot dan spanduk anjuran mematuhi protokol kesehatan COVID - 19 kepada Tim Gugus Tugas, Puskesmas dan desa di sekitar operasional tambang.

Bantuan tersebut langkah awal AMC sekaligus bukti nyata kepedulian perusahaan untuk mendukung program pemerintah mengatasi COVID - 19.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020