Ketua Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) HM Lutfi Saifuddin mengharapkan, anjungan provinsinya di Taman Mini Indonesia Indah atau TMII Jakarta lebih menggiatkan lagi penampilan seni dan budaya daerah.

"Harapan tersebut ketika meninjau Anjungan Kalsel di TMII Jakarta Timur (Jaktim)," ujar staf Sub Bagian Rumah Tangga Protokoler dan Kehumasan Sekretariat DPRD (Setwan) setempat, M Ricky Herald sekembali kunjungan dari Ibu Kota Negara itu, Ahad.

Menurut Lutfi, anggota DPRD dua periode provinsi tersebut, Anjungan Kalsel di TMII Jaktim sebagai ikon daerah yang semestinya perlu penguatan lagi.

"Namun yang harus kita perkuat lagi itu bukan cuma di sisi infrastruktur, melainkan pula kegiatan atau penampilan seni budaya," tegasnya seperti dikutip staf Juru Bicara (Jubir) Setwan Kalsel tersebut.

"Anjungan tersebut merupakan representasi Kalsel,  karena itu harus bisa menjadi kebanggaan bagi warga Kalsel," lanjut staf Setwan provinsi itu mengutip pendapat Politikus Partai Gerindra tersebut.

Untuk mewujudkan itu semua, Komisi IV DPRD Kalsel akan memberikan dukungan anggaran guna mendorong maraknya promosi daerah, terutama yang berkaitan dengan seni dan budaya. 

Komisi IV DPRD Kalsel juga mendorong pemerintah provinsi (Pemprov) setempat untuk melengkapi peralatan kesenian, termasuk tenaga pelatih seni dan budaya, buat peningkatan kegiatan/penampilan seni dan budaya tradisional daerah Banjar khususnya.

"Fasilitas itu semua nantinya bisa dimanfaatkan, baik oleh warga Kalsel di Jakarta maupun dari 13 Kabupaten/Kota, yang kita harapkan menjadi pengisi acara seni dan budaya di Anjungan Kalsel TMII ini," lanjutnya.

Lutfi, laki-laki kelahiran 1971 tersebut mengharapkan, dengan usaha semua itu dapat menghidupkan keberadaan Anjungan Kalsel, sekaligus melestarikan seni dan budaya daerah Banjar.

Karena itu, dia juga mengharapkan partisipasi pemerintah kabupaten/kota (Pemkab/Pemkot) seprovinsinya untuk dapat memanfaatkan Anjungan Kalsel di TMII sebagai sarana memperkenalkan seni dan budaya daerah Banjar.

Sebelum ke TMII tersebut, dalam kunjungan kerja ke luar daerah provinsi, 2 - 4 Juli 2020, terlebih dahulu rombongan Komisi IV itu bertemu dengan Perwakilan Pemprovnya di Jakarta.
Foto bersama sehabis pertemuan rombongan Komisi IV DPRD Kalsel dengan Perwakilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) setempat di Jakarta dan ke Anjungan Kalsel di TMII Jaktim. Pada gambar Ketua Komisi IV DPRD Kalsel HM Lutfi Saifuddin (pakai peci). (Istimewa/Humas Setwan Kalsel.)

"Bersamaan Komisi IV tersebut, anggota Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan, II Bidang Ekonomi dan Keuangan, serta Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur juga dalam kunjungan ke luar daerah ke Perwakilan Pemprov setempat dan Anjungan Kalsel di TMII, Jumat (3/7)," demikian Ricky.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020