PT Subur Agro Makmur (SAM) yang lokasi perusahaan kebun Sawitnya berada di Desa Bajayau, Kecamatan Daha Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanan apel siaga penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2020.

Administratur PT SAM Erwin Ristiyanto, di Bajayau, Selasa (23/6), mengatakan pihaknya siap bersinergi dengan semua pihak dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana karhutla, baik dengan masyarakat, pemerintah daerah, TNI dan Polri.

"Sinergi ini diperlukan dalam menyatukan pemikiran dan kekuatan bersama dalam pencegahan karhutla dengan kemungkinan musim kemarau dipredikasi di bulan Agustus 2020 mendatang," katanya.

Dijelaskan dia, PT SAM telah menyiapkan segala potensi yang ada, baik personil, sarana dan prasarana yang diperlukan, menyusun perencanaan strategis dan telah melaksanakan tahapan upaya penanggulangan karhutla.
 
Kapolres HSS AKBP Siswoyo lakukan pengecekan sarana dan prasara siaga karhutla  (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: Kapolres HSS : Jangan takut laporkan pelaku pembakar hutan dan lahan

Pembenahan infrastruktur dilakukan terhadap terhadap daerah atau arah-arah lokasi yang rawan terjadi karhutla, baik di lahan milik perusahaan juga termasuk lahan pertanian milik masyarakat di sekitar perusahaan.

Pihaknya juga terus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dan meminta kerjasama berbagi informasi dan dukungan dalam penanggulangan karhutla, baik para instansi pemerintah terkait, TNI dan Polri.

Kapolres HSS AKBP Siswoyo, mengatakan untuk penanganan karhutla diperlukan keseriusan, walaupun dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan kemarau di bulan Agustus, namun persiapan menghadapinya lebih baik jauh-jauh hari.

"Apel siaga dari PT SAM ini juga membuktikan kesiapan kita dalam menghadapi kemungkinan terjadinya karhutla di wilayah HSS, dan kami dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, dari Bupati HSS, Dandim Kandangan dan kami dari Polres telah membuat maklumat bersama larangan karhutla," katanya.
 
Administratur PT SAM Erwin Ristiyanto (SAM) (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: Video - PT SAM salurkan beragam bantuan, termasuk untuk warga terdampak COVID-19

Apel siaga karhutla PT SAM dirangkai dengan peninjauan atau pengecekan sarana dan prasarana yang disiapkan, simulasi pengguinaan alat pemadaman api dan dilanjutkan dengan peninjauan menara pantau di titik terjauh di lokasi perkebunan sawit yang merupakan anak usaha Astra Agro Lestari tersebut.

Dalam kesempatan ini dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS melalui Kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Iwan Friady menyerahkan penghargaan untuk PT SAM sebagai sponsorship lomba ketangkasan BPK se Kalsel di Kandangan tahun 2019 lalu.

Turut hadir, Camat Daha Barat Syamsuri, Kapolsek Daha Selatan Indra beserta perwakiilan Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan wilayah Daha, perwakilan Dispera KPLH HSS, BPBD HSS, relawan dan Tim Kesiapsiagaan Tanggap Darurat (TKTD) dan jajaran manajemen PT SAM,  serta undangan lainnya.
 
Apel siaga karhutla PT Subur Agro Makmur (SAM) (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020