Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menyiapkan lahan seluas dua hektare untuk warganya menjadi trasmigasi lokal di Desa Dadap Kecamatan Kusan Hulu.

Sekretaris Daerah Tanah Bumbu H. Rooswandi Salem, di Batulicin Senin mengatakan, di Tanah Bumbu ada tiga desa yang menjadi perbatasan dengan Babupaten Banjar yakni Desa Dadap, Desa Temunih dan Desa Batubulan Kecamatan Kusan Hulu.

"Ketiga desa tersebut merupakan desa yang menjadi perbatasan dengan Kabupaten Banjar bahkan sebagian penduduk Desa Dadap masuk wilayah Kabupaten Banjar sehingga perlu adanya relokasi atau trasmigasi lokal untuk memindahkan warga tersebut masuk wilayah Kabupaten Tanah Bumbu," kata Sekda.

Dia mengatakan, kini pemerintah daerah sudah menyiapkan lahan seluar dua hektare yang dilengkapi dengan rumah tinggal untuk warga desa tersebut.

Sat melakukan kunjungan di desa tersebut, Sekda juga melakukan pengecekan terhadap infrastruktur yang ada di tiga desa perbatasan karena, sebagai masyarakat tentunya juga berhak menikmati fasilitas fasilitas yang layak mereka dapatkan yakni fasilitas dasar seperti transportasi dan kebutuhan listrik.

"Yang kami pantau sekitar empat kilometer jalan yang harus dilakukan pembenahan agar bisadapat menuju ke jalan poros utama yaitu jalan tol Batulicin Banjarmasin, itu yang akan kita prioritaskan," katanya.

Kemudian ada beberapa titik jembatan yang juga akan dibangun, dimana jembatan tersebut dengan kualitas bisa dilalui kendaraan roda empat.

Rooswandi Salem menambahkan, Dinas PUPR sudah melakukan pelelangan untuk perbaikan jalan dari Desa Temunih sampai dengan Desa Batubulan.

"Yang mana di Desa Batubulan juga ada warga kami yang harus mendapatkan fasilitas infrastruktur jalan sehingga mudah mendapatkan pelayanan serta mampu meningkatkan perekonomian mereka," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020