Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Tujuh perempuan berhasil rebut kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, hasil dari Pemilu 2014 lalu.


Menurut Ketua KPU Tabalong Agus Musdian Noor, Rabu, calon terpilih anggota dewan kabupatan dari kalangan perempuan paling banyak di daerah pemilihan dua mencakup kecamatan Tanta dan Tanjung.

"Dari daftar calon terpilih anggota dewan kabupaten, tujuh kursi diraih dari caleg perempuan," jelas Agus di Tanjung.

Tujuh perempuan yang berhasil raih kursi dewan kabupaten yakni Sumiati (PKS), Siti Arbayah (Demokrat), Mursidah (PAN), Norhidayah (PAN), Maya Dina Yanti (Gerindra), Diyah Susana Triastuti (PAN) dan Indah Yuniarti Ningsih (Hanura).

Dari tujuh caleg perempuan yang meraih kursi dewan tiga diantaranya merupakan wajah lama atau anggota dewan aktif yakni Sumiati dari PKS, Siti Arbayah (Demokrat) dan Indah Yuniarti Ningsih (Hanura).

Di dapil 3 dengan jumlah kursi keseluruhan 7, semuanya direbut oleh caleg laki-laki sedangkan dari 7 kursi yang direbut perempuan masing-masing 2 kursi di dapil 1 dan 4 serta 3 kursi di dapil 2.

Sementara itu dari rekapitulasi jumlah perolehan suara sah partai politik, terbanyak di dapil 4 mencakup kecamatan Haruai, Bintang Ara, Muara Uya, Jaro dan Upau dengan 42.818 suara.

Dapil 3 mencakup kecamatan Pugaan, Banua Lawas, Muara Harus dan Kelua, perolehan suara sah sebanyak 29.364, dapil 2 sebanyak 28.896 suara dan dapil 1 dengan 21.553 suara.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014