Kepala Tata Usaha Puskesmas Kalumpang, Rini Abdiyanti, menyampaikan layanan kesehatan di Puskesmas Kalumpang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terhitung mulai hari ini, Kamis (11/6) difungsikan kembali untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Ia mengatakan, pembukaan kembali layanan kesehatan ini berdasarkan hasil rapid test yang dilakukan kepada 40 orang Tenaga Kesehatan (Nakes), termasuk cleaning service disana yang hasilnya semuanya non reaktif.

Baca juga: Rasyidah : Ada enam naker terpapar COVID-19, IGD RSUD Kandangan ditutup sementara

"Alhamdulillah, pelayanan kembali kita buka hari ini tadi, dan pelayanan kita berikan sesuai protokol kesehatan yang berlaku," katanya, dalam saat memberikan keterangan kepada para awak media.

Dijelaskan dia, memang ada yang beberapa pasien yang merasa khawatir akan terpapar virus Corona, tapi sebelumnya pihaknya juga menginformasikan bahwa nakes yang positif tes swabnya telah dikarantina dan menjalani perawatan, jadi pasien tidak perlu khawatir.

Baca juga: Enam Nakes HSS positif COVID-19, Puskesmas Kalumpang sementara tutup layanan

Rapid test massal telah dilakukan, Rabu (10/6) usai pihak Puskesmas menerima informasi ada nakes dari lingkungan mereka yang terpapar COVID-19, ini dilakukan sebagai upaya tracing atau pelacakan mereka yang sempat kontak dengan dua naker yang terpapar.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten HSS dokter Siti Zainab mengatakan Puskesmas Kalumpang ditutup sementara sambil menunggu hasil rapid tes terkait dua orang nakes di sana terkonfirmasi positif Covid-19.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020