Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Kalimantan Selatan melaksanakan tes swab PCR terhadap 313 warga di Kota Banjarmasin yang sebelumnya dari tes cepat massal hasilnya reaktif.

"Fokus kami saat ini membantu pelaksanaan tes swab terhadap hasil tes cepat yang reaktif serta melacak kontak pasien yang terkonfirmasi positif," terang Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr Erwinn Zainul Hakim di Banjarmasin, Sabtu.

Menurunkan Mobile Rapid and Swab Test COVID-19 yang merupakan armada ambulan modifikasi untuk memenuhi standar pelaksanaan tes virus corona, gelaran tes swab COVID-19 itu dipusatkan di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Jalan Pramuka Tirta Dharma.

Selain mobil tes COVID-19 milik Bid Dokkes, pemeriksaan swab juga dibantu ambulans Puskesmas keliling milik Pemkot Banjarmasin dengan petugas medis gabungan Rumah Sakit Bhayangkara Hoegeng Imam Santoso Banjarmasin.
Bid Dokkes Polda Kalimantan Selatan melaksanakan tes swab PCR terhadap 313 warga di Kota Banjarmasin. (ANTARA/Firman)


Kegiatan dengan tema "Bakti Kesehatan Polri tahun 2020" dalam menyambut Hari Bhayangkara 1 Juli 2020 mendatang itu menurut Erwinn, menjadi wujud kepedulian Polda Kalsel dalam percepatan penanganan pandemi COVID-19.

"Kami harapkan gelaran swab massal seperti ini bisa terus dilakukan. Karena wabah ini sudah menyebar di Kalsel dan Kota Banjarmasin terbilang paling signifikan peningkatan kasusnya secara nasional," kata Erwinn.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kalimantan Selatan pertanggal 6 Juni 2020, kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Banjarmasin sebanyak 654 orang, dalam perawatan 550 orang, sembuh 25 orang dan meninggal 79 orang.

Sementara secara keseluruhan di Kalimantan Selatan yang terdiri dari 13 kabupaten dan kota, tercatat ada 1.247 kasus dengan angka kematian 96 orang.  

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020