Martapura, (Antaranews.Kalsel) - Pondok Pesantren Darussalam Martapura, Kalimantan Selatan siap menggelar musyawarah besar III dalam rangka peringatan satu abad berdirinya pondok pesantren itu.

Pimpinan Ponpes Darussalam KH Khalilurrahman di Martapura, Minggu mengatakan, haul akbar dan mubes III diselenggarakan 11-14 Agustus 2014 bertepatan 100 tahun usia ponpes yang didirikan 14 Juli 1914 itu.

"Sebelum pelaksanaan mubes III bulan Agustus 2014 didahului pra mubes diikuti Warga Alumni Ponpes Darussalam (Wapda) yang digelar 3-4 Mei 2014," ujarnya didampingi Ketua STAI Darussalam Fauzan Saleh.

Menurut Khalilurrahman, haul akbar dan mubes III diundur waktunya tidak bertepatan peringatan satu abad bulan Juli karena merupakan bulan Ramadan sehingga peringatan di undur agar persiapan lebih matang.

Disebutkan, syukuran peringatan satu abad dan hal akbar pimpinan Ponpes Darussalam dilaksanakan pada 11 dan 14 Agustus 2014 di halaman ponpes yang terletak di Kelurahan Pesayangan Martapura.

"Sedangkan mubes III dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 11-13 Agustus 2014 di aula Yayasan Ponpes Darussalam Martapura Jalan Perwira Tanjung Rema," ujar Pejabat Ketua Pengurus Wapda Martapura itu.

Dikatakan Khalilurrahman yang juga Ketua MUI Kabupaten Banjar itu, peserta haul akbar diikuti belasan ribu ustadz dan ustadzah, dosen, santri, dan mahasiswa dibawah naungan Ponpes Darussalam Martapura.

Selain itu, juga diikuti alumni lembaga pendidikan serta alim ulama, habaib, tokoh masyarakat, donatur, simpatisan dan pejabat pemerintah baik lingkup Pemkab Banjar maupun Pemprov Kalsel.

"Untuk peserta mubes III diikuti peninjau dari perwakilan pengurus Wapda seluruh Kalimantan maupun luar Kalimantan dan musyawarah Ma`ahid Ukhuwah Darussalam diikuti 143 madrasyah," ujarnya.

Ditambahkan Fauzan Saleh, tujuan haul akbar dan mubes menyambung silaturahmi sekaligus evaluasi untuk mengenang perjalanan ponpes serta memikirkan langkah memajukan Ponpes Darussalam.

"Pelaksanaan mubes juga untuk menyatukan alumni dalam satu wadah guna memberikan suatu sumbangsih bagi kemajuan dan perkembangan pendidikan agama terutama di Ponpes Darussalam," katanya.

Ditekankan, mubes merupakan forum tertinggi Wapda sehingga akan digunakan untuk membahas masalah terkait pendidikan Islam di Ponpes Diniyah khususnya dibawah naungan Ponpes Darussalam Martapura.

"Mubes III yang diikuti perwakilan pengurus Wapda se Kalimantan dan luar Kalimantan juga akan memilih ketua dan pengurus pusat Wapda periode 2014-2019," ujar Fauzan yang juga Wakil Bupati Banjar itu.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014