Seluruh prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin menjalani rapid test atau tes cepat COVID-19 dengan hasil semuanya non reaktif.

"Alhamdulilah hasil tes ini melegakan kita. Mudah-mudahan seluruh personel bisa menjaga kondisi badan yang prima dan senantiasa mematuhi protokol kesehatan," kata Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto, Jumat.

Pelaksanaan tes bekerja sama dengan Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Kalimantan Selatan yang menurunkan sarana "Mobile Rapid and Swab Test COVID-19" yaitu armada ambulan modifikasi untuk memenuhi standar pelaksanaan tes virus corona.

Sandharianto mengatakan, kegiatan tes tersebut bertujuan sebagai langkah deteksi dan cegah dini penyebaran COVID-19 di lingkungan Lanal Banjarmasin.
Prajurit Lanal Banjarmasin menjalani rapid test COVID-19 yang bekerja sama dengan Bid Dokkes Polda Kalsel. (ANTARA/Firman)


Dia menyampaikan terima kasih kepada Polda Kalsel yang telah membantu terlaksananya rapid test COVID-19, sehingga sekarang diketahui jika prajurit dan PNS Lanal bebas dari virus yang telah menelan banyak korban jiwa itu.

"Untuk tes hari ini total ada 125 orang terdiri dari 119 prajurit dan PNS serta enam pekerja harian lepas. Sedangkan bagi anggota yang sedang bertugas di wilayah seperti di Posal akan melaksanakan rapid test juga bekerja sama dengan petugas kesehatan setempat," ujar Danlanal.

Sementara Kabid Dokkes Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol dr Erwinn Zainul Hakim mengutarakan, pihaknya terus membantu pelaksanaan rapid test dan tes swab PCR sesuai permintaan.

"Idealnya memang setiap orang sempat dites. Hal ini guna memastikan ada tidaknya penyebaran COVID-19, dimana orang tanpa gejala kini sangat dikhawatirkan terus menyebarkan virus lantaran tak menjalani tes," jelasnya.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020