Oleh Sukarli

Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kalsel Mohandas mengklaim sektor pariwisata meningkat tidak hanya pada dari kedatangan wisatawan tetapi juga pertumbuhan saranaa dan prasarananya.


Sarana penunjang pariwisata seperti perhotelan di daerah itu sudah cukup memadai dan banyak hotel berbintang.  bahkan hotel kelas internasional ada beberapa sudah berdiri disini, ujarnya kepada Antara.

Dengan cukup berkembangnya investasi perhotelan berbintang di daerah ini tentunya gambaran nyata bahwa perekonomian di daerah sudah beranjak maju.

Mohandas menyatakan, keberadaan perhotelan cukup membantu sektor kepariwisataan yang pada gilirannya berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat secara langsung.

"Kalau wisatawan datang kesini pastinya akan berbelanja dan menggunakan jasa transportasi,  itu semua langsung berhubungan dengan perekonomian masyarakat," tutur Mohandas.

Jadi bukan pemasukan untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) saja yang didapat, ucapnya, tapi terlebih penting perekonomian masyarakat bisa meningkat.

"Indikator peningkatan pariwisata bisa dilihat dengan jumlah kedatangan wisatawan,  lamanya wisatawan tinggal,  juga adanya pertumbuhan perhotelan, demikian kata Mohandas./E/A

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014