Oleh Syamsuddin Hasan

Banjarmasin,  (Antaranews.Kalsel) - Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Kalimantan Selatan Abdul Latief Hanafiah mengungkapkan, kadernya menempati hampir seluruh DPRD Kabupaten/Kota seprovinsi tersebut dari hasil Pemilihan Umum legislatif tahun 2014.

"Berdasarkan penghitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, dari 13 DPRD Kabupaten/Kota se-Kalsel hanya di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang tak ada orang PKB," ungkapnya di Banjarmasin, Minggu.

"Bahkan dari hasil Pemilu 2014 pada beberapa DPRD kabupaten/kota yang sebelumnya nol orang PKB, kini ada, serta mengalami peningkatan 100 persen," lanjutnya menjawab Antara Kalsel.

Beberapa DPRD kabupaten/kota se-Kalsel yang dulunya nol orang PKB dan kini terisi, yaitu Kabupaten Balangan dan Kab Tabalong. Di DPRD dua kabupaten bertetangga tersebut, kini sudah ada orang PKB masing-masing satu dan dua orang.

Hasil Pemilu legislatif 2014 menunjukkan, dari 13 DPRD Kabupaten/Kota se-Kalsel itu terbanyak orang-orang PKB di Kota Banjarmasin enam, kemudian di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dan Kab Banjar masing-masing lima orang.

Selain itu, di DPRD Kabupaten Barito Kuala (Batola), Tapin dan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) masing-masing empat orang. Selanjutnya di DPRD Kota Banjarbaru, Kabupaten Kotabaru, dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) masing-masing tiga orang.

Selebihnya di DPRD Kabupaten Tanah Laut (Tala) dan Kab Tabalong masing-masing dua, serta di Kabupaten Balangan satu orang, ungkap anggota DPRD Kalsel dari PKB tersebut.

Begitu pula untuk DPRD Kalsel hasil Pemilu 2009 PKB hanya berhasil meraih tiga dari 55 keanggotaan lembaga legislatif tingkat provinsi tersebut, tapi hasil Pemilu 2014 menjadi enam orang.

"Kita bersyukur dan berterima kasih kepada masyarakat Kalsel yang masih menaruh kepercayaan kepada PKB untuk bersama-sama berjuang membangun daerah agar lebih maju lagi," ujar ekesponen Angkatan 66/mantan aktivis mahasiswa ITB Bandung itu.

"Karena itu pula pada periode 2014 - 2019 PKB bisa membentuk fraksi berdiri sendiri di DPRD Kalsel, yang sebelumnya merupakan fraksi gabungan bersama Partai Bulan Bintang dan Partai Hanura," demikian Latief. 

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014