Kepolisian resort Hulu Sungai Utara secara masif mengkondisikan masyarakat agar siap menjalani kehidupan dengan pola yang baru (new normal) menghadapi wabah COVID-19.

Petugas Polres dan Polsek di tempatkan di titk keramaian seperti pasar dan lainnya untuk memberikan himbauan kepada warga mematuhi protokol pencegahan COVID-19.

'Sosialisasi kesiapan penerapan new normak tidak hanya dilaksanakan di Pasar Kota Amuntai atau pada titik keramaian di kota, tapi juga kami laksanakan di kecamatan dan desa," ujar Kapolres Hulu Sungai Utara (HSU) AKBP Pipit Subiyanto di Amuntai, Sabtu.

Pipit berharap adanya kegiatan secara masif ini harapkan meningkatkan kesadaran masyarakat di titik-titik kumpul seperti di pusat perbelanjaan, pasar, kawasan terbuka hijau agar meningkat pengetahuan dan kesadarannya untuk mematuhi protokol kesehatan cegah COVID -19.
 
Kapolres HSU AKBP Pipit Subiyanto melakukan pendekatan persuasif dan berbincang dengan warga menghimbau mentaati ptotokol kesehatan cegah penyebaran COVID 19. (Antaranews Kalsel/Humas Polres HSU/Eddy A)

Pipit mengatakan, mayoritas pedagang dan pembeli di pasar sudah cukup mematuhi protokol cegah COVID-19 khususnya dalam mengenakan masker meski beberapa orang belum disiplin mengenakannya.

Bagi warga yang belum mengenakan masker langsung diberikan imbauan dan pendekatan persuasif agar mau mengenakan masker.

Petugas kepolisian tidak sendiri dalam kegiatan sosialisasi ini, melainkan turut dibantu anggota TNI, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Dinas Sosial.

Terutama anggota Polres dan Polsek diintruksikan Kapolres untuk ditempatkan pada titik ploting yang merupakan jalur utama dan titik ramai pengunjung dan pedagang.
 
. (Antaranews Kalsel/Humas Polres HSU/Eddy A)

Aparat kepolisian akan menyampaikan himbauan menggunakan pengeras suara, menertibkan arus lalu lintas yang bisa menyebabkan warga berkerumun di satu titik termasuk mengatur lokasi parkir.

"Juga melaksanakan Gatur Lalin untuk menjaga Kamseltibcarlantas selama pelaksanaan giat berlangsung," kata Kapolres.

Kapolres HSU terjun langsung memberikan sosialisasi kesiapan penetapan new normal di Desa Muara Baruh Kecamatan Amuntai Utara.

Ia meluruskan, penerapan new normal oleh pemerintah bukan berarti melonggarkan protokol kesehatan cegah penyebaran COVID-19, justru melalui new normal dibangun kesadaran masing-masing individu masyarakat untuk menjaga kesehatannya sendiri.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020