Kepala Dinas Kesehatan(Dinkes) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) selaku Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) HSS, dokter Siti Zainab menyampaikan, situasi terkini COVID-19 di Kabupaten HSS, per Sabtu (30/5).

Ia mengatakan, terjadi penambahan jumlah satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dari warga Kabupaten HSS menjadi lima orang, kondisi dari lima PDP, tiga orang diantaranya dalam kondisi lemah, dua stabil.

"Pasien HBS-35 laki-laki(39) dari Simpur kondisi lemah, HBS-43 laki-laki (37) dari Telaga Langsat kondisi stabil, HBS-48 Perempuan(37) dari Angkinang kondisi lemah, RDS-03 perempuan(59) dari Daha Barat kondisi lemah, RDS-04 laki-laki (63) Kandangan kondisi stabil," katanya, dalam keterangan.

Baca juga: Rasyidah : Dokter muda asal Tabalong terkena COVID-19 belum sempat bertugas

Dijelaskan dia, tiga pasien dengan kode HBS di rawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjend H Hasan Basry Kandangan, dan dua pasien dengan kode RDS di rawat di ruang isolasi RSUD Daha Sejahtera.

Sedangkan PDP dari luar daerah yang dirawat di RSUD Kandangan sebanyak lima orang, tiga orang PDP dari Kota Banjarmasin dan Banjarbaru dengan kode HBS-33, HBS-34 dan HBS-36, sedangkan dua pasien dengan kode  HBS-42 dan HBS-46 dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Untuk Data COVID-19 HSS, jumlah Orang Dalam Pemantauan (325) orang, 303 ODP selesai pemantauan, dan sisa 22 orang, PDP lima orang, kasus terkonfirmasi delapan orang, tiga diantaranya dirawat di RSUD Kandangan, empat sembuh dan satu orang meninggal dunia.

Baca juga: ODP HSS dalam proses 22 orang, PDP bertambah jadi empat orang

Rincian ODP per Kecamatan, Kecamatan Kandangan 81 orang ODP dan selesai 80, Daha Selatan 65 orang ODP dan selesai  57, Daha Barat dua orang ODP dan selesai dua orang.

Kecamatan Daha Utara 47 orang ODP dan selesai 43, Simpur 35 orang ODP dan selesai  32, Sungai Raya 18 orang ODP dan selesai  16, Padang Batung 24 orang ODP dan selesai 24 orang.

Selanjutnya, Angkinang 25 orang ODP dan selesai  22, Telaga Langsat sembilan orang ODP dan selesai delapan, Kalumpang delapan orang ODP dan selesai delapan, dan terakhir, Kecamatan Loksado 11 orang ODP dan selesai 11 orang.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020