Oleh Imam Hanafi

Kotabaru, (Antaranews Kalsel)- Legislator di Kabupaten Kotabaru, berkoordinasi dengan Pemprov Kalimantan Selatan, terkait pelaksanaan Hari Nusantara (Harnus) ke-14 yang akan digelar Desember 2014 di Kotabaru.


"Kami segenap legislator kerja keras untuk mensukseskan Harnus di Kotabaru, untuk itu kita harus selalu berkoordinasi dengan lembaga eksekutif dan legislatif baik di pusat dan provinsi," kata anggota Komisi II DPRD Kotabaru, H Syaiful Bahri, MSi, di Kotabaru Rabu.

  Mengingat kian dekatnya event Hari Nusantara, lanjut dia, maka banyak hal yang perlu dilakukan adalah berkoordinasi dengan pemprov diantaranya langkah persiapan-persiapan, terang Syaiful.

Hal senada dijelaskan Sekretaris Dewan, H Joni Anwar, MAP kunjungan legislator yang dijadwalkan selama empat hari yakni 14-17 April tersebut terbagi dalam tiga kelompok yakni komisi-komisi yang tujuan dan instansi berbeda.

  "Komisi I akan konsultasi ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) terkait sertifikat prona. Dan ke DPRD Kalsel terkait persiapan Harnus,ujar H Joni kepada wartawan.

Sedangkan Komisi II lanjutnya, agendanya kunjungan ke Dishub dan Komisi III ke DPRD Provinsi terkait hubungan legislatif dan eksekutif tentang pembangunan dalam rangka persiapan Harnus.

Pantauan di kantor DPRD Kotabaru di Jl Agus Salim No1 terhitung sejak sebelum pelaksanaan Pemilu 9 April sering terlihat sepi, menyusul banyaknya anggota dewan yang sibuk berkampanye dan sosialisasi ke daerah-daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

Sehingga praktis yang nampak di kantor dewan hanya pegawai di lingkungan secretariat dewan, meski ada satu-dua orang anggota dewan yang terlihat walau sebentar. Ketiadaan legislator di kantornya mendapat sorotan dari sebagian warga.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kotabaru, H Alpidri Supian Noor menandaskan, demi kepentingan daerah pihaknya (dewan) telah mendukung sepenuhnya terhadap upaya eksekutif dalam pembangunan demikian halnya dalam momentum persiapan hari nusantara yang hanya delapan bulan lagi.

  "Kapasitas dewan sebatas bisa memberi saran dan dukungan terhadap anggaran, namun pelaksanaan sepenuhnya pihak eksekutif. Meski demikian, kami tidak tinggal diam, siap mendukung melalui koordinasi dengan dewan propinsi dan kementrian terkait, jelas Yayan.

Terpisah, Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani mengatakan, saat ini pemerintah sudah menyiapkan anggaran untuk pembangunan sarana dan prasarana dalam mendukung Kotabaru sebagai tuan rumah Hari Nusantara yang bakal digelar 13 Desember 2014.

  "Dalam APBD 2014 kita sudah memasukkan anggaran untuk pembangunan sarana jalan ke objek wisata Sarang Tiung, Gedambaan, dan beberapa fasilitas yang lainnya," kata Bupati.   

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014