Oleh Syamsuddin Hasan

Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan Fathurrahman mengharapkan, komisi IV bidang kesra lembaga legislatif tingkat provinsi tersebut memantau ujian nasional tahun pelajaran 2013/2014. 


"Sesuai pembidangan, yang juga membidangi pendidikan, Komisi IV DPRD Kalsel juga kita harapkan dapat melakukan pemantauan UN tahun 2014," ujaranya di Banjarmasin, Selasa.

"Memang saat ini Komisi IV DPRD Kalsel sedang melakukan tugas kedewanan ke luar daerah. Tapi mungkin besok Rabu (16/4) bisa melakukan pemantauan UN Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)," lanjutnya.

Ia menerangkan, tujuan pemantauan itu untuk mengetahui kalau ada permasalahan atau kendala, serta solusinya agar pelaksanaan UN tersebut berjalan aman dan lancar.

"Karena menjadi tekad dan keinginan kita bersama, pelaksanaan UN berjalan aman dan lancar, tanpa gangguan sedikitpun," ujar politisi muda Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

"Sebab keamanan dan kelancaran pelaksanaan UN juga akan membuat anak didik nyaman dan tenang mengikuti UN tersebut, serta bisa lebih konsentrasi," lanjut wakil rakyat yang menyandang sarjana pendidikan Islam tersebut.

Ia juga berharap, UN tahun ini dari awal hingga akhir pelaksanaan jangan terjadi perihal serupa UN tahun lalu, seperti tertukar soal, lembaran kerja rusak.

"Kalau kejadian serupa terulang, harus segera diatasi agar tidak menimbulkan ganggun psikologis peserta UN serta dampak lain yang tak diinginkan bersama," demikian Fathurrahman.

Data Dinas Pendidikan Kalsel, di provinsi yang terdiri 13 kabupaten/kota tersebut ada 48.532 siswa SLTA yang mengikuti UN 2014, terdiri 24.707 dari Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah (SMA/MA).

  Kemudian 12.532 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan melalui paket C atau setara SMA peserta UN-nya sebanyak 11.293 orang.    

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014